TMMD Ke-106 Tahun 2019 Digelar di Kabupaten Pangandaran

Kamis, 03 Oktober 2019 19:41 Dedi Sofwan Desa

TMMD Ke-106 Tahun 2019 Digelar di Kabupaten Pangandaran


Koropak.co.id - Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata resmi membuka kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106 tahun 2019 yang berlangsung di Lapangan Bola Gempar, Desa Parakanmanggu, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Rabu (2/10/2019).

Bupati menyampaikan, TMMD ke-106 tahun 2019 yang akan dilaksanakan hingga 31 Oktober 2019 mendatang. TMMD merupakan langkah strategis untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan serta meningkatkan pemberdayaan masyarakat melalui pelaksanaan pembangunan infrastruktur perdesaan, khususnya di Kabupaten Pangandaran.

"Kami sangat mengapresiasi seluruh jajaran Kodam III/Siliwangi yang akan melaksanakan kegiatan TMMD ke-106 tahun 2019 di Pangandaran," ucapnya.

Mengangkat tema "Melalui TMMD Kita Wujudkan Percepatan Pembangunan Untuk Kesejahteraan Rakyat" pelaksanan TMMD kali ini meliputi pembuatan rabat beton Jalan Tanjakan Gintung dengan panjang 370 meter, Jalan Darmacaang 500 meter, Jalan Cukang Leungsir 240 meter, dan Jalan Genteng Eyep Puteran Kedongdong 511 meter.

 

Koropak.co.id - TMMD Ke-106 Tahun 2019 Digelar di Kabupaten Pangandaran (2)

 

Baca : Pangdam III/Siliwangi Buka TMMD di Sumedang

 

Dilaksanakan pula pembangunan GOR Kantor Desa Parakanmanggu dengan volume 250,6 meter kubik dan sasaran tambahan rehabilitasi rumah tidak layak huni sebanyak 2 unit. Juga turut digelar kegiatan bakti sosial, bazaar, pembagian sembako, pelayanan kesehatan, pelayanan KB, donor darah dan pengobatan gratis yang melibatkan Dinas Kesehatan Kabupaten Pangandaran.

Sementara itu, Danrem 062/Tarumanegara, Kolonel Infantri Parwito mengatakan, selain perang, salah satu kegiatan operasi militer adalah membantu pemerintah dalam percepatan pembangunan.

"Pembangunan fisik ini hanya sebagai sarana karena tujuan yang paling utama adalah bergotong royong dalam kemanunggalan TNI dengan rakyat karena selama kegiatan ini berjalan, para anggota TNI akan menginap di rumah-rumah warga sehingga tujuan membangun rasa kemanunggalan bersama rakyat pun akan tercipta," katanya.

Parwito optimis program TMMD di Pangandaran akan berjalan sesuai rencana dan tepat waktu, karena kegiatan Pra TMMD ini telah dilaksanakan sebelumnya, pada 7 Agustus 2019 lalu.*

 

Baca pula : Bakti Sosial di TMMD Disambut Antusias Warga Pangandaran