Di Bungursari, Budidaya Kambing Sudah Berjalan Lebih Dari 3 Tahun

Sabtu, 05 Oktober 2019 00:08 Eris Kuswara Daerah

Di Bungursari, Budidaya Kambing Sudah Berjalan Lebih Dari 3 Tahun

 

Koropak.co.id - Program Gerakan Masyarakat Mandiri, Berdaya Saing dan Inovatif sebagai Model Pembangunan Berbasis Partisipasi (Gema Madani Simpati) menjadi salah satu program Pemerintah Kota Tasikmalaya sebagai program pemberdayaan masyarakat untuk mengurangi angka pengangguran yang ada di Kota Tasikmalaya.

Hal itu disampaikan Perwakilan Klaster Galunggung Kelurahan Sukarindik Kecamatan Bungursari, Aliferi kepada Koropak selepas mengikuti kegiatan visualisasi Saung Madani Kecamatan Bungursari dengan budidaya kambing dan domba sebagai produk unggulannya, Jumat (4/10/2019).

"Manfaat dari program Gema Madani Simpati yang dirasakan oleh klaster di Kecamatan Bungursari yaitu kami bisa memiliki kegiatan positif yang bersifat kelompok untuk mengembangbiakkan kambing maupun domba sebagai produk unggulan dari Kecamatan Bungursari," kata Aliferi.

 

Koropak.co.id - Di Bungursari, Budidaya Kambing Sudah Berjalan Lebih Dari 3 Tahun (2)

 

Baca : Survey dan Koordinasi Jadi Kunci Pemasaran Domba Dari Bungursari

 

Ditambahkan Aliferi, sebetulnya, budidaya kambing ini sudah berjalan lebih dari 3 tahun, namun untuk budidaya domba baru berjalan pada tahun 2019 ini. Sementara itu, untuk pengembangan pengolahan pupuk yang dihasilkan dari kotoran kambing maupun domba, pihaknya sudah bekerjasama dengan beberapa kelompok tani untuk menerima limbah kotoran dari peternakan.

"Nantinya limbah kotoran ternak yang diambil oleh Gapoktan tersebut bisa diolah menjadi pupuk kandang dan digunakan sebagai pupuk tanaman yang ada di wilayah Kecamatan Bungursari," ujarnya.*

 

Baca pula : Pupuk Organik Dari Bungursari Berkualitas Bagus

 


Berita Terkait