Harga Jual Rendah Buat Peternak Lele di Tasikmalaya Merugi

Minggu, 06 Oktober 2019 13:53 Eris Kuswara Daerah

Harga Jual Rendah Buat Peternak Lele di Tasikmalaya Merugi


Koropak.co.id - Ketua Saung Madani Kecamatan Purbaratu, H. Saeful Hanan menyambut positif program Gerakan Masyarakat Mandiri, Berdaya Saing dan Inovatif sebagai Model Pembangunan Berbasis Partisipasi (Gema Madani Simpati). Menurutnya, program tersebut memiliki banyak manfaat khususnya bagi para klaster yang ada di masing-masing kelurahan di Kecamatan Purbaratu.

Demikian disampaikan H. Saeful Hanan saat dikonfirmasi Koropak mengenai kegiatan visualiasi Saung Madani Kecamatan Purbaratu dengan produk unggulannya Abon lele, Sabtu (5/10/2019).

"Untuk pendampingan klaster yang ada di masing-masing kelurahan di Kecamatan Purbaratu, kami sudah membentuk dan mengupayakan agar para petani lele yang ada di Kecamatan Purbaratu bisa maju lagi dari sebelumnya mulai dari masa pemijahan hingga lele siap dikonsumsi," kata Hanan.

 

Koropak.co.id - Harga Jual Rendah Buat Peternak Lele di Tasikmalaya Merugi (2)

 

Baca : Gema Madani Bantu Masyarakat Untuk Memiliki Penghasilan

 

Ditambahkan Hanan, rencana ke depan untuk pengembangan klaster, pihaknya berharap kepada warga Purbaratu yang senang dengan budidaya ikan lele, untuk siap melaksanakan kegiatan budidaya ikan lele untuk bisa menjadi ikon bagi Kecamatan Purbaratu.

"Untuk saat ini budaya ikan lele, semakin hari semakin maju dan dapat dirasakan sekali manfaatnya. Hanya saja, hal yang menjadi kendalanya saat ini adalah harga jual dari ikan lele tersebut. Karena harga jualnya di Tasikmalaya hanya mampu mencapai Rp 13.000 per kilogram," ucapnya.

Hanan menuturkan, dengan harga jualnya yang rendah, pada akhirnya membuat orang-orang yang melakukan pembudidayaan ikan lele khusus yang memberikan makanan ikan lele berupa pakan pelet sangat tidak terjangkau dan mengalami kerugian.

"Oleh karena itu, klaster yang ada di masing-masing kelurahan di Kecamatan Purbaratu berpikir untuk bisa mendapatkan penghasilan lebih dengan membuat olahan ikan lele menjadi abon lele dan alhamdulillah menguntungkan," ujarnya.*

 

Baca : Warga di Kecamatan Purbaratu Ciptakan Olahan Unik Berbahan Ikan Lele

 


Berita Terkait