Koperasi PKH Mudahkan KPM Dapat Bantuan Permodalan

Senin, 07 Oktober 2019 14:20 Opi Supriyati Daerah

Koperasi PKH Mudahkan KPM Dapat Bantuan Permodalan

 


Koropak.co.id - Ratusan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Ciamis mengikuti sosialisasi Indeks Bantuan PKH Tahap IV yang dipusatkan di Aula Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Minggu (6/10/2019).

Dalam kegiatan roadshow yang dilakukan di 13 kecamatan se-Kabupaten Ciamis ini, Koordinator PKH Kabupaten Ciamis, menyosialisasikan kebijakan pusat terkait kebijakan jumlah bantuan tunai yang rencananya akan dicairkan pada Oktober 2019.

Koordinator PKH Kabupaten Ciamis, Putri menyampaikan percepatan graduasi bagi KPM PKH diaktualisasikan demi meningkatkan kesejahteraan mandiri. Putri juga menjelaskan perlunya kebijaksanaan dalam penerimaan kebijakan pusat terbaru soal bantuan tunai PKH Tahap IV, untuk kemudian disampaikan kembali kepada semua penerima bantuan PKH.

"Tujuannya, untuk menghindari permasalahan yang tidak diinginkan sehingga nama baik program PKH senantiasa terjaga dengan baik, tanpa ada isu-isu miring terkait Indeks Bantuan Tunai PKH Tahap IV," ucapnya.

Di kesempatan yang sama, Supervisor PKH Kabupaten Ciamis, Opi Supriyati menyampaikan pula terkait sosialisasi pentingnya penerima bantuan PKH untuk giat menabung.

 

 

Koropak.co.id - Koperasi PKH Mudahkan KPM Dapat Bantuan Permodalan

 

Baca : Ratusan Anak KPM PKH Ikuti Program Edukasi Child Development Session

"Perlu diketahui, mengusahakan pengembangan diri ke arah usaha mandiri atau usaha kelompok demi tercapainya sejahtera mandiri sangat penting. Usaha untuk pencapaian peningkatan tersebut ialah dengan cara mewujudkan usaha mandiri dan usaha bersama, salah satunya dengan koperasi. Oleh sebab itu, kami mengajak KPM PKH untuk ikut serta mewujudkan koperasi bersama pendamping PKH Kabupaten Ciamis," katanya.

Opi juga mengajak KPM PKH untuk bersama menjadi anggota koperasi PKH Kabupaten Ciamis yang rencananya akan diwujudkan di akhir 2019 ini. Salah satu keuntungan yang akan didapat KPM PKH jika menjadi anggota koperasi adalah aksesibilitas bantuan modal secara bergantian dengan bunga dan keuntungan yang lebih baik dibandingkan dengan kosipa yang selama ini bergentayangan di seluruh wilayah KPM PKH.

Dari paparan koordinator dan supervisor, para KPM PKH nampak sangat antusias terkait rencana pendirian koperasi PKH Kabupaten Ciamis. Salah seorang anggota KPM PKH, yang juga merupakan pengusaha telur asin, Pangila mengaku antusias dengan wacana koperasi PKH Kabupaten Ciamis dan menyatakan kesiapannya menjadi anggota.

"Tentu, keberadaan koperasi KPH Kabupaten Ciamis akan sangat membantu KPM PKH, khususnya seperti kami, kalangan pelaku usaha yang pastinya memerlukan bantuan modal untuk mengembangkan usaha kami," tutur Pangila.*

 

Baca pula : Di Ciamis Bahan Limbah Jadi Potensi Pemberdayaan KPM PKH

 

 


Berita Terkait