Gempa Bumi 4,8 Magnitudo Guncang Wilayah Kabupaten Tasikmalaya

Senin, 07 Oktober 2019 22:52 Dede Hadiyana Nasional

Gempa Bumi 4,8 Magnitudo Guncang Wilayah Kabupaten Tasikmalaya

 

Koropak.co.id - Wilayah Kabupaten Tasikmalaya dan sekitarnya kembali diguncang gempa bumi tektonik berkekuatan 4,8 Magnitudo yang berpusat di laut pada jarak 82 km Tenggara dengan kedalaman 23 km terjadi pada Senin (7/10/2019) sekitar pukul 00.19 WIB dini hari.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho, ST. M.Si., mengatakan, ditinjau dari lokasi epicenter serta kedalaman hipocenternya tampak bahwa gempa bumi yang tersebut merupakan gempa bumi dangkal.

"Gempa bumi ini diakibatkan aktivitas Zona Subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyelusup menunjam ke bawah Lempeng Eurasia, ujarnya seperti dilansir dari akun resmi BMKG.

 

Koropak.co.id - Gempa Bumi 4,8 Magnitudo Guncang Wilayah Kabupaten Tasikmalaya 1

 

Baca : Gempa 4,8 Skala Richter Guncang Tasikmalaya

Adapun dampak dari gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan atau Shakemap BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Pangandaran dengan Skala Intensitas II MMI.

"Namun, hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan dari dampat terjadinya gempa bumi yang terjadi pada dini hari tadi," katanya.

Hasil monitoring BMKG sendiri belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan atau Aftershok. Akan tetpai diimbau kepada seluruh masyarakat agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG yang terus memantau perkembangan gempa bumi tersebut.*

 

Baca pula : Info Terkini Gempa Banten 7,4 Skala Richter Terasa Hingga Tasikmalaya

 


Berita Terkait