Inilah Sambutan Perdana Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya

Selasa, 08 Oktober 2019 20:10 D. Farhan Kamil Parlemen

Inilah Sambutan Perdana Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya

 

Koropak.co.id - Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Asep Sopari Alayubi, S.P mengatakan kedudukan DPRD sebagai unsur penyelenggara pemerintahan daerah (pemda), sejajar dan menjadi mitra dari pemda.

Hal tersebut dilandasi dengan adanya perubahan semangat dan paradigma perundang-undangan yang menekankan bahwa DPRD merupakan hasil pemilihan langsung rakyat, dan berimplikasi kepada lebih terlegitimasinya dalam menyuarakan aspirasi, tuntutan dan amanah masyarakat serta makin terbukanya ruang aksesibilitas dan kedekatan DPRD dengan rakyat dalam mengemban tugas, fungsi dan wewenang DPRD.

Di lain pihak, ucap Asep, dengan semakin tingginya tuntutan masyarakat dan kompleksitas masalah yang dihadapi, menuntut DPRD dan pemda untuk lebih meningkatkan responsibilitas, daya tanggap dan tanggung jawabnya dalam penyelesaian permasalahan dan tuntutan masyarakat sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Dalam situasi demikian, DPRD bersama dengan pemda, diharapkan lebih mampu memfasilitasi berbagai kepentingan masyarakat yang diimbangi dengan peningkatan kinerja DPRD yang lebih aspiratif dan pro rakyat melalui fungsi DPRD dalam pembentukan peraturan daerah (Perda), anggaran dan pengawasan," tutur Asep dalam sambutan perdananya di momentum Rapat Paripurna Pengucapan Sumpah Janji Pimpinan DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Selasa (8/10/2019).

 

Koropak.co.id - Inilah Sambutan Perdana Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya (2)

 

Baca : Pimpinan DPRD Kabupaten Tasikmalaya Dilantik

 

Ditambahkan Asep, sebagaimana dimaklumi bahwa peranan DPRD adalah untuk menampung aspirasi masyarakat, memperhatikan dan menyalurkan aspirasi, menerima keluhan dan pengaduan masyarakat serta memfasilitasi tindak lanjut penyelesaiannya disertai semangat demokrasi dalam tatanan hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila dan UU 1945.

Serta memperhatikan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tasikmalaya melalui pelaksanaan fungsi dan kewenangan dewan dalam mewujudkan visi Kabupaten Tasikmalaya yang religius Islami, unggul di bidang agribisnis dan berbasis perdesaan.

"Seberapapun beratnya tugas yang dihadapi DPRD dan pemda, Insyaallah dengan dilandasi semangat kebersamaan, semua itu dapat kita selesaikan," ujarnya.

Asep mengajak eksekutif untuk meningkatkan kebersamaan dalam memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada masyarakat Kabupaten Tasikmalaya.*

 

Baca pula : Saat Ini Belum Ada Agenda Krusial di DPRD Kabupaten Tasikmalaya