DKPP Kabupaten Tasikmalaya Tarik Peredaran Ranitidine

Rabu, 09 Oktober 2019 16:56 D. Farhan Kamil Daerah

DKPP Kabupaten Tasikmalaya Tarik Peredaran Ranitidine

 

Koropak.co.id - Menyusul edaran Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) tentang penarikan obat lambung yang mengandung ranitidine, Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk (DKPP) Kabupaten Tasikmalaya, mengeluarkan surat himbauan resmi nomor 800/7839/DKPP/2019 perihal tindak lanjut penjelasan BPOM RI.

Dalam surat tersebut, Plt Kepala DKPP dr. Faisal Soeparianto, M.Si menghimbau kepada seluruh puskesmas, Direktur rumah sakit, klinik, apotek dan dokter praktik se-Kabupaten Tasikmalaya, untuk melakukan pengamanan dengan tidak memberikan obat yang mengandung ranitidine yang terkontaminasi N-Nitrosodimethylamine (NDMA) sebagaimana penjelasan BPOM RI.

"Senyawa ranitidine yang terkontaminasi N-Nitrosodimethylamine (NDMA) dapat memicu kanker," kata Faisal, Rabu (9/10/2019).

Ia juga meminta agar seluruh tenaga medis diminta untuk mengganti pengobatan penyakit lambung dengan obat-obatan yang tidak termasuk dalam larangan BPOM RI. Stok obat ranitidine, agar disimpan digudang obat untuk mengantisipasi penyalahgunaan.

 

Koropak.co.id - DKPP Kabupaten Tasikmalaya Tarik Peredaran Ranitidin

 

Baca : Dinas Kesehatan Tak Ingin Obat Kedaluwarsa Terulang Lagi


Disebutkan, meskipun tidak semua obat ranitidine dilarang BPOM, namun pihak DKPP telah menghimbau agar seluruh pemberian obat jenis ranitidine untuk sementara waktu ditunda hingga ada informasi lanjutan dari pihak BPOM RI.

"Sebagai antisipasi kita sudah instruksikan agar penggunaan ranitidine ditunda, meskipun ranitidine ini tidak seluruhnya masuk dalam daftar bets ranitidine yang ditarik BPOM RI. Untuk pasien dengan keluhan lambung disarankan menggunakan obat alternatif lain pengganti ranitidine," ujarnya.

Dengan surat edaran DPPK tersebut, Direktur RSUD SMC Kabupaten Tasikmalaya, dr Heru Suharto menegaskan, pihaknya tidak lagi menggunakan produk ranitidine yang masuk dalam daftar larangan BPOM RI.

"Kita menyiapkan obat pengganti ranitidine dengan obat lambung jenis lain yang dianggap aman dan tersedia seperti omeprazole, lansoprazole, antasid, plantasid serta obat lainya," kata Heru.*


Baca : Penanganan Pertama Korban Keracunan Obat

 


Berita Terkait