Sejumlah Ranitidine Masih Ditemukan di Puskesmas dan Apotek

Rabu, 09 Oktober 2019 17:28 D. Farhan Kamil Daerah

Sejumlah Ranitidine Masih Ditemukan di Puskesmas dan Apotek


Koropak.co.id - Tindak lanjut dikeluarkannya surat himbauan penarikan ranitidine, Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk (DKPP) Kabupaten Tasikmalaya menggelar inspeksi mendadak ke puskesmas dan sejumlah apotek di wilayah ibu kota Kabupaten Tasikmalaya, Singaparna, Rabu (9/10/2019).

Dari sidak tersebut petugas dari DKPP masih menemukan ranitidine tablet di puskesmas Singaparna dan ranitidin cair injeksi yang dikemas dalam beberapa dus besar di apotek yang berada dekat dengan Puskesmas Tinewati Singaparna.

"Kita pertegas kembali ke seluruh puskesmas agar menghentikan penggunaan seluruh ranitidine, baik yang masuk dalam list BPOM RI maupun tidak. Hal tersebut untuk mengantisipasi kemungkinan buruk yang akan terjadi sebelum ada perkembangan informasi resmi dari pihak BPOM," kata Kepala Seksi Farmasi DKPP Kabupaten Tasikmalaya, Agus Hamdani didampingi Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan (SDK) DKPP Kabupaten Tasikmalaya, Dr. Bonbon Sahroni.

 

Koropak.co.id - Sejumlah Ranitidine Masih Ditemukan di Puskesmas dan Apotek (2)

 

Meski masih ditemukan ranitidine baik di puskesmas maupun apotek kata Agus, pihaknya memastikan tidak akan ada lagi penggunaan obat tersebut. "Kita dapatkan di puskesmas dan apotek , mereka mengemas ranitidine untuk ditarik dan dikarantina. Dan kita sarankan kepada pihak apotek untuk mengembalikan obat tersebut kepada pihak distributor agar tidak merugi," ujarnya.*

 

Baca : DKPP Kabupaten Tasikmalaya Tarik Peredaran Ranitidine

 


Berita Terkait