Sosialisasi Indeks Bantuan Sosial Tahap IV PKH Berbuah Graduasi Mandiri

Rabu, 09 Oktober 2019 20:22 Opi Supriyati Daerah

Sosialisasi Indeks Bantuan Sosial Tahap IV PKH Berbuah Graduasi Mandiri


Koropak.co.id - Ratusan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) menghadiri kegiatan Sosialisasi Indeks Bantuan PKH Tahap IV yang digelar di Aula Desa Rancah Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Rabu (9/10/2019).

Sosialisasi turut dihadiri pejabat Kecamatan Rancah dan Kecamatan Tambaksari. Hadir pula beberapa perwakilan perangkat desa yang antusias mengikuti kegiatan sosialisasi tersebut.

Koordinator PKH Kabupaten Ciamis, Putri menuturkan selain membahas Indeks Bantuan Sosial Tahap IV, turut disampaikan pula graduasi yang dibagi menjadi 3 bagian yaitu graduasi alami, graduasi mandiri dan graduasi paksa.

"Jangan selalu menginginkan tangan di bawah tetapi ubahlah pola pikir menjadi tangan di atas, karena tangan di atas lebih baik daripada tangan di bawah. Soal syarat menjadi peserta PKH, perlu kami sampaikan kembali, syarat yang harus dipenuhi yakni tepat sasaran sesuai komponen yang dimiliki, serta dikategorikan sebagai keluarga prasejahtera," ucapnya..

Terkait penyampaian graduasi mandiri tersebut, salah seorang KPM PKH yang hadir di kegiatan tersebut, Jumilah, tersentak malu dan berniat mengundurkan diri dari peserta KPM PKH.

 

Koropak.co.id - Sosialisasi Indeks Bantuan Sosial Tahap IV PKH Berbuah Graduasi Mandiri (2)

 

Baca : Koperasi PKH Mudahkan KPM Dapat Bantuan Permodalan

Jumilah merupakan KPM PKH Desa Situmandala Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis dampingan Ade, pendamping PKH Kecamatan Rancah.

Jumilah yang merupakan KPM PKH yang membuka usaha nasi liwet di tempat wisata Puncak Bangku menyampaikan berbesar hati ingin keluar dari PKH karena malu harus terus mendapatkan bantuan PKH.

"Saya rasa masih banyak yang lebih membutuhkan program ini. Lebih banyak keluarga yang tingkat ekonominya lebih kurang daripada saya. Saya yakin bahwa rezeki Allah yang atur,” tutur Jumilah.*

 

Baca pula : Ratusan Anak KPM PKH Ikuti Program Edukasi Child Development Session


Berita Terkait