Bela dan Beli Produk Unggulan Kota Tasikmalaya di TOF 2019

Rabu, 09 Oktober 2019 20:55 Clara Aditia Daerah

Bela dan Beli Produk Unggulan Kota Tasikmalaya di TOF 2019


Koropak.co.id - Ada satu misi yang diusung di Tasikmalaya Oktober Festival (TOF) 2019 ini, yakni bela dan beli produk unggulan Kota Tasikmalaya, karena dengan mencintai produk sendiri dan menggunakannya, akan sangat membantu pengrajinnya, khususnya para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) tumbuh berkembang.

Demikian disampaikan Kepala Bagian Perekonomian Setda Kota Tasikmalaya Drs. H Dedi, M.Si didampingi Kepala Sub Bagian Produksi dan Industri Bagian Perekonomian Setda Kota Tasikmalaya Ramdhan,S.Pt.,MT, kepada Koropak, Rabu (9/10/2019).

"Hasil studi komparasi kami ke Kabupaten Kulon Progo, di sana produk unggulan karya UMKM di sana dibela dan dibeli oleh masyarakat setempat. Hal itu terbukti mendorong UMKM di sana maju dan berkembang. Kenapa tidak kita adopsi di sini," kata Ramdhan.

 

Koropak.co.id - Bela dan Beli Produk Unggulan Kota Tasikmalaya di TOF 2019 (2)

 

Baca : Tasikmalaya Oktober Festival 2019 Usung Pesona Gebyar Payung Geulis

Jadi tema TOF 2019 "Tasikmalaya Milik Kita", ucap Ramdhan menjadi refleksi spirit untuk membela dan membeli produk unggulan UMKM Kota Tasikmalaya demi kemajuan UMKM yang akan bermuara pada meningkatnya kesejahteraan para pelaku UMKM tersebut.

"Saat ini di Kota Tasikmalaya, produksi payung geulis mulai lesu. Padahal payung geulis merupakan ikon Kota Tasikmalaya. Jika di Kulon Progo, pengrajin batik yang mulai lesu. Kemudian pemerintah setempat menggelar sayembara desain batik, dan mendorong sekolah serta dinas setempat untuk membeli batik dari pengrajin di kotanya sendiri. Alhasil, sirkulasi produksi batik Kulon Progo kembali menggeliat," ujar Ramdhan.

Hal itu, tutur Ramdhan, akan coba diaplikasikan di Kota Tasikmalaya untuk pengrajin payung geulis. Banyak pengrajin payung geulis beralih profesi karena mengakui pasar lesu. Namun, payung geulis ini jika tidak dipertahankan, mau bagaimana? Terlebih payung geulis adalah ikon Kota Tasikmalaya.

"Oleh sebab itu kita sudah pikirkan bagaimana memfungsikan payung geulis secara optimal. Tidak hanya sebagai benda seni yang dipajang saja, namun juga dapat digunakan sebagaimana fungsinya sebagai payung. Sehingga pemasaran payung geulis diyakini akan kembali menggeliat," ucapnya.*


Baca pula : Inilah Agenda Serangkaian Keseruan TOF 2019

 


Berita Terkait