Kampung Sumur Gede Kawalu Jadi Kampung Percontohan

Jum'at, 11 Oktober 2019 07:32 Eris Kuswara Daerah

Kampung Sumur Gede Kawalu Jadi Kampung Percontohan


Koropak.co.id - Program Gerakan Masyarakat Mandiri, Berdaya Saing dan Inovatif Sebagai Model Pembangunan Berbasis Partisipasi (Gema Madani Simpati) bidang Inovasi Pengembangan Potensi Sosial-Budaya Berbasis Tata Nilai Lokal (I-Pasbud) membutuhkan perencanaan matang karena program ini merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan potensi wilayah yang mempunyai kemandirian.

Dipilihnya RW 11 Kampung Sumur Gede Kelurahan Gunung Gede Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya, merupakan hasil rapat yang dilaksanakan di tingkat kecamatan. Secara awal hasilnya sudah sangat signifikan, namun perkembangannya harus terus ditingkatkan.

Demikian disampaikan Camat Kawalu, Rusani Jaelani kepada Koropak selepas mengikuti peresmian Lembur Madani RW 11 Kampung Sumur Gede Kelurahan Gunung Gede Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya, Kamis (10/10/2019).

"Melalui program ini, kesadaran masyarakat dari sisi persatuan dan kesatuan serta gotong royong meningkat. Semoga ke depan dari sisi perekonomian pun bisa meningkat dikarenakan adanya kemandirian dari program ini akan sangat sejalan dengan upaya pencapaian visi Kota Tasikmalaya yakni menuju daerah yang religius, maju dan madani," kata Rusani.

 

Koropak.co.id - Kampung Sumur Gede Kawalu Jadi Kampung Percontohan (2)

 

Baca : Pengajuan Dana Gema Madani di Seluruh Kelurahan Se-Tamansari Tuntas

Rusani berharap RW 11 Kampung Sumur Gede bisa menjadi salah satu lembur percontohan di Kota Tasikmalaya yang nantinya akan menjadi ikon serta tempat belajar mengenai bagaimana membangun kondisi kampung. Selain itu, dengan program Gema Madani Simpati bidang I-Pasbud, dari beberapa RW di Kecamatan Kawalu, RW 11 bisa menjadi satu pilot project dengan kondisinya yang terus meningkat, baik dari sisi kesadaran masyarakat terutama persatuan dan kesatuan.

"Terlebih lagi turut dibuktikan dengan sifat bergotong-royong dan ini merupakan bagian cermin kedepan untuk mengisi pembangunan di era revolusi 4.0 menuju revolusi 5.0. Karena yang paling utama adalah kemandiriannya itu sendiri. Sampai saat ini peran serta masyarakat dan pemerintah dalam konteks pembangunan Lembur Madani ini juga turut di-support melalui program yang bernaman Gema Madani Simpati," ucapnya.*

 

Baca : Dua Program Kawasan Jadi Fokus Lembur Madani Kecamatan Kawalu

 

 

 


Berita Terkait