Lembur Madani Kecamatan Kawalu Jadi Percontohan di Kota Tasikmalaya

Jum'at, 11 Oktober 2019 07:48 Clara Aditia Daerah

Lembur Madani Kecamatan Kawalu Jadi Percontohan di Kota Tasikmalaya

 

Koropak.co.id - Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra Kota Tasikmalaya Nana Sujana mengapresiasi kegiatan masyarakat RW 11 Kampung Sumur Gede Kelurahan Gununggede Kecamatan Kawalu dalam mengimplementasikan program Gerakan Masyarakat Mandiri, Berdaya Saing dan Inovatif Sebagai Model Pembangunan Berbasis Partisipasi (Gema Madani Simpati) bidang Inovasi Pengembangan Potensi Sosial-Budaya Berbasis Tata Nilai Lokal (I-Pasbud).

"Dalam mengimplementasikan program ini, masyarakat harus kreatif dan inovatif dalam menciptakan situasi lingkungan yang nyaman, aman, indah dan resik. Saya pun melihat masyarakat di sini termotivasi program I-Pasbud sehingga mau bersama-sama menjaga lingkungan," ucap Nana kepada Koropak selepas meninjau Lembur Madani Kecamatan Kawalu, Kamis (10/10/2019).

Ditambahkan Nana, Pemerintah Kota Tasikmalaya berharap melalui program I-Pasbud, ada perubahan perilaku masyarakat yang tadinya tidak peduli lingkungan, kini menjadi lebih peduli. Seperti halnya di Lembur Madani Kecamatan Kawalu yang kini lingkungannya penuh dengan warna, sehingga menunjukan gairah hidup masyarakat yang lebih baik dari sebelumnya.

"Ini merupakan pilot project. Satu Lembur Madani di tiap kecamatan. Diharapkan apa yang dicontohkan di Lembur Madani Kecamatan Kawalu bisa didiseminasi daerah lain sehingga lingkungannya memiliki budaya yang sama, yakni spirit gotongroyong dan kebersamaan yang kembali bangkit di tengah masyarakat," ucapnya.

 

Koropak.co.id - Lembur Madani Kecamatan Kawalu Jadi Percontohan di Kota Tasikmalaya (2)

 

Baca : Dua Program Kawasan Jadi Fokus Lembur Madani Kecamatan Kawalu

 

Nana menuturkan banyaknya program inovasi yang digagas Lembur Madani Kecamatan Kawalu sangat kreatif dan patut diapresiasi. Gagasan program tersebut perlu didukung semua pihak, tinggal bagaimana membagi peranan untuk mendukungnya.

"Kami harapkan adanya dana kelurahan bisa mendukung kegiatan Lembur Madani terus berjalan, bahkan menjamur di tiap kelurahan yang ada di seluruh kecamatan se-Kota Tasikmalaya. Kami yakin jika semua bergerak saling bahu membahu mendukung tercapainya goals program Gema Madani Simpati bidang I-Pasbud, maka lingkungan percontohan Lembur Madani bisa merata, serta tingkat kepedulian masyarakat terhadap sesama dan lingkungan bisa membudaya kembali di tengah masyarakat," kata Nana.*

 

Baca : Lembur Madani Tumbuhkan Budaya Kebersamaan Warga Kampung

 


Berita Terkait