Lembur Madani Tumbuhkan Budaya Kebersamaan Warga Kampung

Jum'at, 11 Oktober 2019 07:56 Clara Aditia Daerah

Lembur Madani Tumbuhkan Budaya Kebersamaan Warga Kampung


Koropak.co.id - Koordinator Kota program Gerakan Masyarakat Mandiri, Berdaya Saing dan Inovatif Sebagai Model Pembangunan Berbasis Partisipasi (Gema Madani Simpati), Sholahudin berharap kegiatan Lembur Madani yang merupakan implementasi dari program Gema Madani Simpati bidang Inovasi Pengembangan Potensi Sosial-Budaya Berbasis Tata Nilai Lokal (I-Pasbud) dapat berjalan kontinyu tanpa harus dikomandoi fasilitator.

Hal itu disampaikan Sholahudin kepada Koropak selepas kegiatan peresmian Lembur Madani Kecamatan Kawalu di RW 11 Kampung Sumur Gede Kelurahan Gunung Gede Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya, Kamis (10/10/2019).

"Kegiatan ini harus jadi bagian utuh dari budaya masyarakat sehingga mereka punya kemauan membenahi wilayahnya," ucapnya.

Ditambahkan Sholahudin, Lembur Madani bukanlah hanya soal peningkatan mutu infrastruktur di tingkat kelurahan, namun juga bagaimana mengubah perilaku masyarakat untuk meningkatkan kebersamaan, kepedulian terhadap lingkungan, juga terhadap pendidikan dan kesehatan.

"Di kegiatan Lembur Madani ini, masyarakat harus meningkatkan kebersamaannya. Sebab bagaimanapun juga, kebersamaan, gotongroyong dan kepedulian merupakan nafas program Gema Madani Simpati," tuturnya.

 

Koropak.co.id - Lembur Madani Tumbuhkan Budaya Kebersamaan Warga Kampung (2)

 

Baca : Lembur Madani Kecamatan Kawalu Jadi Percontohan di Kota Tasikmalaya

Adapun yang menjadi pembeda program Gema Madani Simpati bidang I-Pasbud dan Inovasi Pengembangan Klaster Ekonomi Masyarakat (I-Pakem) terletak pada wujud pemberdayaan kemasyarakatannya. Jika I-Pakem lebih fokus pada pemberdayaan masyarakat agar mandiri dalam ekonomi, sementara I-Pasbud mendorong masyarakat berdaya dalam segi sosial, dan kepedulian terhadap sesama.

"Jadi di Lembur Madani tidak boleh lagi masyarakat hidup masing-masing. Haruslah senantiasa bersama dan bergotongroyong. Toleransi ini jadi bagian penting dari program Gemi Madani Simpati. Kawasan Lembur Madani harus dibangun dengan kebersamaan atas dasar partisipasi dan kemauan masyarakat, bukan didorong oleh orang lain," ucapnya.*

 

Baca : Dewan Bangga Sumur Gede Jadi Percontohan Lembur Madani

 

 


Berita Terkait