Dewan Bangga Sumur Gede Jadi Percontohan Lembur Madani

Jum'at, 11 Oktober 2019 08:00 Eris Kuswara Daerah

Dewan Bangga Sumur Gede Jadi Percontohan Lembur Madani


Koropak.co.id - Kegiatan Lembur Madani merupakan program Pemerintah Kota Tasikmalaya melalui program-program Gerakan Masyarakat Mandiri, Berdaya Saing dan Inovatif Sebagai Model Pembangunan Berbasis Partisipasi (Gema Madani Simpati) bidang bidang Inovasi Pengembangan Potensi Sosial-Budaya Berbasis Tata Nilai Lokal (I-Pasbud).

Tujuannya, untuk meningkatkan mutu kehidupan bermasyarakat warga di seluruh kecamatan di Kota Tasikmalaya. Tak terkecuali warga Kampung Sumur Gede yang merupakan percontohan Lembur Madani di Kecamatan Kawalu.

Demikian disampaikan Wakil Ketua DPRD Kota Tasikmalaya, H Mamat Rahmat kepada Koropak selepas mengikuti kegiatan mengikuti peresmian Lembur Madani RW 11 Kampung Sumur Gede Kelurahan Gunung Gede Kecamatan Kawalu yang berlangsung di Madrasah At-Taufiq Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya, Kamis (10/10/2019).

"Program ini bertujuan agar masyarakat benar-benar menjadi madani. Dalam program ini, masyarakat didorong untuk lebih terbiasa menciptakan masyarakat sekitar untuk peduli lingkungan sekaligus menjadikan masyarakat lebih sejahtera," kata H Mamat.

 

Koropak.co.id - Dewan Bangga Sumur Gede Jadi Percontohan Lembur Madani (2)

 

Baca : Lembur Madani Tumbuhkan Budaya Kebersamaan Warga Kampung


Ditambahkan H Mamat, dewan juga diminta untuk mendukung masalah penganggarannya. Diakuinya, dewan senantiasa siap mendukung, namun justru selama ini Pemerintah Kota Tasikmalaya juga sudah sangat memperhatikan tentang penganggaran. Sehingga kini tinggal bagaimana masyarakat bisa menyerap dan mengimplementasikan anggaran tersebut ke dalam kegiatan Lembur Madani.

"Jika dibandingkan dengan kewajiban terhadap pemerintah, khususnya dalam membayar PBB, tentunya bantuan dari pemerintah lebih besar dibandingkan dengan kewajiban masyarakat kepada pemerintah dalam urusan membayar PBB," ucapnya.

H Mamat menuturkan, DPRD Kota Tasikmalaya juga berperan dalam menentukan penganggaran untuk kegiatan-kegiatan pembangunan di tingkat kelurahan. Salah satu yang menjadi buktinya, yakni meningkatnya alokasi dana kelurahan sebagai salah satu upaya agar pembangunan di daerah bisa optimal.

"RW 11 Kampung Sumur Gede sebagai perwakilan dari tingkat Kecamatan Kawalu merupakan kota kecil, namun kami berharap meskipun kecil, masyarakatnya bisa serba mampu, serba mapan dan serba meningkat dari segala aspek, baik kesehatan, pendidikan, ekonomi, hingga IPM-nya," ujarnya.*

 

Lihat : Kampung Ramah Anak Wujudkan Kota Tasikmalaya Layak Anak 2020

 

 

 


Berita Terkait