Viral! Batu Seberat 200 Ton Hancurkan Rumah Warga di Purwakarta

Jum'at, 11 Oktober 2019 15:43 Eris Kuswara Nasional

Viral! Batu Seberat 200 Ton Hancurkan Rumah Warga di Purwakarta


Koropak.co.id - Netizen Tanah Air kembali dihebohkan dengan beredarnya sebuah video yang menunjukkan batu besar seberat 200 ton menimpa rumah warga di Purwakarta Jawa Barat hingga hancur. Tampak dalam video tersebut, batu besar tersebut berhasil merusak rumah serta pohon disekitarnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Koropak, Jumat (11/10/2019) setelah ditelusuri, ternyata batu besar tersebut menghujani rumah warga di Purwakarta akibat tindakan ceroboh dari perusahaan pertambangan. Tampak dalam video itu juga banyak sekali bebatuan yang sudah berserakan di jalanan.

Terlihat pula beberapa pepohonan tumbang akibat terkena jatuhnya batu-batu tersebut. Batu-batu besar itu pula tampak sudah menimpa beberapa rumah hingga hancur. Bahkan jalanan aspal yang ikut tertimpa batu juga sampai retak hingga pecah.

 

Koropak.co.id - Viral! Batu-Batu Besar Hancurkan Rumah Warga di Purwakarta (2)

 

Baca : BNPB Kaji Inovasi Kebencanaan Di Indonesia

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo menyebutkan lokasi kejadiannya berada di Kampung Cihandeleum RT 09/05, Desa Sukamulya, Kecamatan Tegalwaru, Purwakarta, Jawa Barat. BNPB juga turut menjelaskan batu besar yang menimpa rumah warga memiliki berat 200 ton.

"Peristiwa ini terjadi pada Selasa 8 Oktober 2019 pukul 13.00 WIB, batu meledak dengan tonase 200 ton menghancurkan rumah warga, pepohonan hingga jalan aspal," kata Agus.

Peristiwa itu terjadi dikarenakan perusahaan tambang yang beroperasi tidak jauh dari pemukiman warga. Sebelum kejadian berlangsung, perusahaan itu tengah melakukan peledakan batu pada Selasa (8/10/2019) sekitar pukul 12.30 WIB. Nahasnya batu-batuannya langsung terlempar dan menimpa rumah warga yang ada di sekitar pertambangan.

Berdasarkan keterangan warga, batu besar itu jatuh dari ketinggian sekitar 500 meter ke arah rumah warga yang berlokasi di kaki gunung. Meskipun peristiwa ini tidak menimbulkan korban jiwa, namun kerugian materil akibat kejadian ini mencapai Rp 460 juta. BNPB juga mencatat setidaknya ada 6 rumah warga dan 1 sekolah MI mengalami kerusakan.*

 

Baca pula : Dampak Kebakaran Hutan, Beberapa Orangutan Terkena Ispa

 


Berita Terkait