Kawasan Hutan Gunung Cikuray Garut Terbakar

Senin, 14 Oktober 2019 13:20 Dede Hadiyana Daerah

Kawasan Hutan Gunung Cikuray Garut Terbakar

 

Koropak.co.id - Musim kemarau cukup panjang tahun 2019 ini mengakibatkan terjadinya kebakaran hutan di beberapa wilayah di Indonesia. Tidak terkecuali kebakaran yang di hutan Gunung Cikuray Garut, tepatnya di Kecamatan Bayongbong Kabupaten Garut, Jawa Barat, pada Minggu (13/10/2019).

Api yang sudah membumbung dan berasap hitam tersebut diketahui warga sekitar pukul 12.00 WIB. Tiupan angin yang cukup kencang di lokasi kebakaran hutan membuat api dengan cepat besar. Hingga pukul 18.30 WIB, api nampak mulai menjalar menghanguskan perkebunan warga.

Dikonfirmasi Koropak, Senin (14/10/2019) Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut Tubagus Agus Sofyan menuturkan, kawasan hutan yang terbakar hanya berjarak sekitar 5 kilometer dari permukiman warga.

"Belum diketahui penyebab terjadinya kebakaran di kawasan hutan dan perkebunan Gunung Cikuray tersebut. Namun upaya pemadaman pun terus dilakukan walaupun angin yang bertiup di sekitar lokasi cukup kencang," ujarnya.

 

 

Koropak.co.id - Kawasan Hutan Gunung Cikuray Garut Terbakar

 

Baca : Salah Duga, Kebakaran Gunung Guntur Pertanda Musim Hujan

Area yang terbakar terus meluas akibat tiupan angin yang cukup kencang hingga para petugas dan relawan harus bekerja ekstra memadamkan api. Sulitnya akses menuju lokasi kebakaran pun menjadi kendala.

"Petugas Pemadam Kebakaran Garut sudah menerjunkan beberapa unit mobil pemadam. Upaya pemadaman juga dibantu masyarakat termasuk volunteer Gunung Cikuray. Selain upaya pemadaman, kami juga berusaha agar api tidak meluas dan menjalar ke pemukiman warga," katanya.*

 

Baca pula : Inilah Kronologis Terbakarnya Gudang Rongsok di Garut

 


Berita Terkait