Pengamanan Informasi, Lanud Wiriadinata Gelar Jam Komandan

Senin, 14 Oktober 2019 21:36 Dede Hadiyana Nasional

Pengamanan Informasi, Lanud Wiriadinata Gelar Jam Komandan


Koropak.co.id - Sejumlah anggota TNI mendapatkan hukuman disiplin akibat ulah istrinya yang mengunggah komentar negatif di media sosial terkait penusukan Menko Polhukam RI Dr. H. Wiranto, S.H. S.I.P., M.M., yang terjadi beberapa waktu lalu.

Menanggapi hal tersebut, Lanud Wiriadinata menggelar kegiatan sosialisasi Jam Komandan di Gedung Rukandi Lanud Wiriadinata Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Senin (14/10/2019).

Tujuan sosialisasi tersebut, untuk lebih bijak dan dewasa dalam penggunaan media sosial khususnya bagi keluarga besar Lanud Wiriadinata agar tidak terjadi sesuatu hal yang dapat merugikan baik secara pribadi, keluarga, instansi dan seluruh unsur yang terlibat.

Dalam arahannya, Komandan Lanud Wiriadinata Letkol Pnb M. Pandu Adi Subrata, SH., mengingatkan kepada seluruh keluarga besar Lanud Wiriadinata untuk menyadari bahwa sebagai anggota yang bekerja di instansi TNI khususnya TNI Angkata Udara (AU) yang merupakan bagian dari pemerintah yang harus mengikuti kebijakan politik negara.

 

Koropak.co.id - Pengamanan Informasi, Lanud Wiriadinata Gelar Jam Komandan (3)

 

"Kita harus menyadari peran, fungsi dan tugas kita sebagai alat negara dibidang pertahanan yang dalam menjalankan tugasnya berdasarkan kebijakan dan keputusan negara," ujarnya.

Disampaikan pula perintah langsung kepada Kepala Staf TNI AU dalam rangka pengamanan informasi dan penggunaan media sosial di lingkungan Lanud Wiriadinata serta menekankan beberapa hal yang tidak dibenarkan dikomunikasikan melalui media sosial.

"Hal yang pertama yakni informasi dokumen dinas yang bersifat rahasia. Yang kedua tidak digunakan sebagai sarana untuk menjatuhkan atau menyudutkan pihak tertentu baik dalam kedinasan maupun diluar dinas," katanya.

 

Koropak.co.id - Pengamanan Informasi, Lanud Wiriadinata Gelar Jam Komandan (1)

 

Baca : Perwira Naik Pangkat, Danlanud Harapkan Peningkatan Kinerja

 

Selanjutnya, media sosial tidak digunakan untuk menyebarkan paham atau opini yang bertentangan dengan peraturan yang berlaku baik di wilayah NKRI maupun di lingkungan TNI. Kemudian, imbauan kepada prajurit dan PNS TNI AU agar tidak mudah membagikan berita, foto, video di media sosial tanpa seizin komandan masing-masing. Terakhir, segala bentuk pelanggaran terhadap ketentuan, akan diberikan sanksi hukum yang sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Saya harapkan, agar seluruh keluarga besar Lanud Wiriadinata tidak terlibat masalah akibat tidak bijak dalam penggunaan media sosial. Jadikan suami-istri itu sebagai pakaian yang mempunyai peran dan fungsi sebagai perhiasan, lambang kepribadian dan status sosial, citra diri dan simbol kedudukan, pelindung dari pengaruh buruk, penutup aib, dan melindungi pengaruh buruk dari luar," ucapnya.*

 

Baca pula : Inilah Momentum Peringatan HUT ke-21 PPAU di Tasikmalaya

 


Berita Terkait