Sinergi DMI dan Polri di Zona 5 Gebyar DMI

Selasa, 15 Oktober 2019 18:30 D. Farhan Kamil Daerah

Sinergi DMI dan Polri di Zona 5 Gebyar DMI

 

Koropak.co.id - Berbeda dari gebyar Dewan Masjid Indonesia (DMI) di empat zona sebelumnya, gebyar DMI di zona 5 yang dipusatkan di komplek Ponpes Al Manshuriyah Kampung Nangerang Desa Salawu Kecamatan Salawu, menampilkan hal berbeda, Selasa (15/10 /2019).

Selain launching Sibadami (Sistem Informasi Bantuan Dewan Masjid Indonesia) atau program berbasis IT dalam melaksanakan program-program penyaluran bantuan DMI Kabupaten Tasikmalaya, dalam gebyar yang meliputi lima kecamatan yakni Salawu, Puspahiang, Taraju, Sodonghilir dan Bojonggambir itu, dilaksanakan juga gebyar menangkal radikalisme untuk keutuhan NKRI.

Hadir dalam acara tersebut, Penjabat Sekda Kabupaten Tasikmalaya, H. Iin Aminudin, Wakapolres Tasikmalaya, Kompol Rikky Aries Setiawan, Ketua PD DMI Kabupaten Tasikmalaya, KH. Drs. Dede Saeful Anwar, M.Si, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Salawu dan Muspika dari lima kecamatan.

 

Koropak.co.id - Sinergi DMI dan Polri di Zona 5 Gebyar DMI (3)

 

Sekretaris Umum PD DMI Kabupaten Tasikmalaya, Afan, SH mengatakan, program gebyar DMI ini masih menyisakan satu zona atau zona 6 yang rencananya akan dilaksanakan di Kecamatan Cipatujah dalam waktu dekat ini.

Untuk gebyar DMI di zona lima ini, ada kelebihan tersendiri karena selain menyerahkan bantuan Pemkab Tasikmalaya kepada 490 masjid jami, marbot/guru ngaji masjid/imam masjid dan bantuan bagi santri berbasis masjid, dilaksanakan juga gebyar menangkal radikalisme.

"Kita digandeng Polri dalam hal ini Polres Tasikmalaya untuk bersama-sama berjuang menjaga keutuhan bangsa dan negara yakni dengan cara menangkal radikalisme," kata Afan.

Tentu saja, gebyar menangkal radikalisme ini mendorong seluruh insan DMI yang berhubungan erat dengan keumatan berbasis masjid, mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga desa atau ranting, bersama-sama bergerak dalam memakmurkan masjid sekaligus menangkis faham-faham radikalisme.

 

Koropak.co.id - Sinergi DMI dan Polri di Zona 5 Gebyar DMI (1)

 

Baca : DMI Kabupaten Tasikmalaya Salurkan Bantuan Tahap Dua

Sementara itu, Wakapolres Tasikmalaya, Kompol Rikky Aries Setiawan mengatakan, sesuai harapan Kapolri terkait terjalinnya sinergitas dengan DMI dalam rangka mengikis dan menghilangkan faham-faham radikalisme di kelompok masyarakat tertentu, yang akan merongrong keutuhan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

"Sebagaimana moto DMI, masjid berdaya masyarakat sejahtera, tentunya harus ditunjang dengan adanya kehidupan masyarakat yang rukun, aman, tertib dan nyaman. Ketika masyarakat hidup rukun dan rasa keamanannya terpenuhi, maka kesejahteraan itu menjadi sebuah keniscayaan," ujarnya singkat.*

 

Baca pula : TNI Gelorakan Spirit Tangkal Radikalisme dan Separatisme