Menangkal Radikalisme, DMI Tasikmalaya Akan Bedah Tafsir Kebangsaan

Selasa, 15 Oktober 2019 20:24 D. Farhan Kamil Daerah

Menangkal Radikalisme, DMI Tasikmalaya Akan Bedah Tafsir Kebangsaan


Koropak.co.id - Ketua Pengurus Daerah Dewan Masjid Indonesia (PD DMI) Kabupaten Tasikmalaya, KH. Drs. Dede Saeful Anwar, M.Si mengaku sangat mengapresiasi langkah Polri bersinergi dengan DMI dalam rangka menangkal faham-faham radikal untuk keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Bagaimanapun juga, kata KH. Dede, dimulai dari umat Islam khususnya di Kabupaten Tasikmalaya, menjaga persatuan dan kesatuan antar sesama muslim dari berbagai golongan seperti NU, Muhammadiah, Persis dan PUI adalah mutlak harus dilakukan agar terasa benar bahwa Islam itu rahmatan lil alamin.

Sebagaimana pesan yang tertulis dalam Al Quran bagi umat Nabi Muhammad SAW yakni ruhama bainahum yang artinya menebarkan kasih sayang terhadap sesama.

Islam secara tegas menuntut umatnya menebar kasih sayang terhadap sesama, membela yang lemah serta meringankan kesusahannya, dan memberikan manfaat kepada orang lain.

"Kita dituntut menjaga kasih sayang. Bukan justru menampakkan mana yang hebat dan mana yang kurang hebat. Sedangkan Allah SWT melihat kita dari nilai ketakwaan," tutur KH. Dede, seusai membuka acara gebyar DMI zona 5 tahun 2019 dan gebyar menangkal radikalisme untuk keutuhan NKRI di Ponpes Al Manshuriyah Kampung Nangerang Desa Salawu Kecamatan Salawu, Selasa (15/10 /2019).

Menurutnya, bagi umat Islam yang hidup di negara kesatuan Republik Indonesia saat ini, tidak ada lagi khilafah dan tidak ada lagi hijrah. Yang ada adalah menata ukhuwah dan menata persaudaraan, sebagaimana dicontohkan Rosulullah SAW dengan menikahkan kaum ansor dan muhajirin.

 

Koropak.co.id - Menangkal Radikalisme, DMI Tasikmalaya Akan Bedah Tafsir Kebangsaan (1)

 

Baca : Sinergi DMI dan Polri di Zona 5 Gebyar DMI

 

Lebih lanjut KH. Dede menyebutkan, untuk memperkuat ukhuwah Islamiyah dan ukhuwah wathoniyah di tataran DMI dalam rangka menangkal radikalisme, DMI Kabupaten Tasikmalaya akan melaksanakan training center (TC).

"Kita akan menyuguhkan kajian tafsir atau hadits Nabi, secara komprehensif yang menunjukkan bahwa Islam itu menjunjung tinggi kasih sayang, kekeluargaan dan sangat jauh dengan nilai radikalisme apalagi terorisme. Tidak menutup kemungkinan dalam TC ini kita berkolaborasi dengan TNI/Polri," ucapnya.

Mengawali TC, tutur KH. Dede DMI akan mengundang seluruh pimpinan PC dan ranting di 351 desa dalam sebuah halaqoh.

"Ini akan kita agendakan setelah pelaksanaan gebyar DMI di zona 6 Cipatujah nanti dan Jumat keliling (Jumling) bersama Bupati Tasikmalaya, tuntas dilaksanakan. Termasuk setelah pelaksanaan kerjasama dengan aksi cepat tanggap (ACT) Kabupaten Tasikmalaya mengenai renovasi masjid jami, ekonomi berbasis masjid dan pembangunan warung-warung masjid jami," ujarnya.*

 

Baca pula : DMI Kabupaten Tasikmalaya Salurkan Bantuan Tahap Dua