Payung Geulis, Kerajinan Khas Tasikmalaya Turun Temurun

Rabu, 16 Oktober 2019 07:34 Adin Wardini Daerah

Payung Geulis, Kerajinan Khas Tasikmalaya Turun Temurun


Koropak.co.id - Payung geulis merupakan salah satu produk kerajinan khas Kota Tasikmalaya yang sudah lama dikenal oleh kalangan masyarakat. Kerajinan payung geulis ini juga sudah berlangsung secara turun temurun sejak 10 terakhir.

Salah satu toko pengrajin payung geulis, Nailah Collection yang berada di Jalan Panyingkiran Nomor 48 Indihiang kota Tasikmalaya ikut memeriahkan Pameran Tasik Kreatif dalam ajang Tasikmalaya Oktober Festival (TOF) 2019 yang berlangsung di Lapangan Dadaha Kota Tasikmalaya yang berlangsung hingga Selasa (15/10/2019).

Dijumpai Koropak di hari terakhir pameran, Selasa (15/10/2019) Pengrajin Payung Geulis Nailah Collection Kota Tasikmalaya, Susan Frelina mengatakan, di Hari Jadi Ke-18 Kota Tasikmalaya, payung geulis menjadi salah satu ciri khas tersendiri dari Kota Tasikmalaya. Selain itu, TOF 2019 ini juga bisa dijadikan sebagai alat untuk melestarikan kerajinan khas Tasikmalaya tersebut.

 

Koropak.co.id - Payung Geulis, Kerajinan Khas Tasikmalaya Turun Temurun (3)

 

Baca : Walikota Bangga Pameran Kreatif TOF 2019 Disambut Antusias UMKM

"TOF juga bisa dijadikan sebagai alat untuk membudayakan seni yang ada di Kota Tasikmalaya khususnya produk Payung geulis agar semakin dikenal oleh seluruh masyarakat Kota Tasikmalaya" kata Susan.

Ditambahkan Susan, hingga kini peminat kerajinan payung geulis tidak pernah surut. Hal itu dibuktikan dengan banyak pesanan produk payung geulis untuk digunakan dalam berbagai acara mulai dari hajatan hingga bisa dijadikan pula sebagai hiasan dinding.

"Sementara itu untuk pengerjaan dari 1 payung geulis ini tergantung dari tingkat kesulitannya, maksimal 1 minggu untuk 1 payung geulis besar. Untuk harganya sendiri kita banderol mulai dari Rp 30 ribu hingga Rp 2 juta," ucapnya.*

 

Baca : Bela Beli Produk Unggulan Kota Tasikmalaya di TOF 2019