Akui Lambat, DPRD Kabupaten Tasikmalaya Rampungkan Tatib

Minggu, 20 Oktober 2019 20:23 D. Farhan Kamil Parlemen

Akui Lambat, DPRD Kabupaten Tasikmalaya Rampungkan Tatib


Koropak.co.id - Berbeda dari DPRD Kota Tasikmalaya yang telah memiliki Alat Kelengkapan Dewan (AKD), Meski sudah memiliki pimpinan definitif yang dilantik pada 8 Oktober 2019 lalu, DPRD Kabupaten Tasikmalaya justru hingga kini belum terdengar riaknya untuk membahas pembentukan AKD.

Malah santer terdengar, pimpinan DPRD Kabupaten Tasikmalaya saat ini sibuk mengkonsultasikan kekoksongan kursi Wakil Bupati.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya, H. Ami Fahmi dari Fraksi PKB mengakui adanya keterlambatan dalam pembentukan AKD. Hal tersebut salah satunya akibat dampak dari adanya keterlambatan dalam pembentukan pimpinan definitif DPRD.

"Sebelumnya ada kegejlogan selama proses pengusulan nama calon pimpinan DPRD sehingga menghabiskan waktu cukup panjang. Kita akui ada sedikit keterlambatan dalam hal AKD," kata Ami, Minggu (20/10/2019).

Meski ada keterlambatan dalam hal AKD, tidak berarti ada agenda krusial DPRD di abaikan. "Saat ini Panitia Khusus (Pansus) Pembahas Tata Tertib (Tatib) dewan sebagai dasar pembentukan AKD, masih melakukan serangkaian pembahasan dan konsultasi. Pekan depan diperkirakan sudah rampung kita dorong itu. Selanjutnya akan segera kita agendakan paripurna untuk AKD. Mudah-mudahan komunikasi antar fraksi saat ini tidak ada kendala," ujarnya.

Disinggung soal konsultasi terkait pengisian wakil bupati, Ami mengatakan, sesuai aturan kekosongan jabatan wakil bupati harus diisi sehingga bagi pimpinan DPRD perlu ada persiapan dan langkah tepat untuk menyikapi persoalan tersebut. "Kita lakukan konsultasi soal ini ke beberapa instansi di provinsi, di saat Pansus Tatib sedang berproses. Ini merupakan upaya akselerasi kita di DPRD," ucapnya.

 

Koropak.co.id - Akui Lambat, DPRD Kabupaten Tasikmalaya Rampungkan Tatib (2)

 

Baca pula : Pimpinan DPRD Kabupaten Tasikmalaya Dilantik


Sementara itu, Ketua Pansus Tatib, H. Apip Ipan Permadi dari Fraksi PPP mengatakan, untuk Tatib dewan dipastikan selesai pekan depan.

"Kita menyadari waktu cukup mepet sedangkan agenda-agenda besar DPRD sudah menunggu di depan. Maka dari itu, dalam waktu satu pekan ini Pansus telah melakukan serangkaian pembahasan rancangan Tatib secara maraton termasuk kita terakhir melakukan konsultasi ke Biro Hukum Provinsi dan Komnas HAM Korwil Provinsi Jawa Barat," tuturnya.

Meskipun tidak merombak total Tatib DPRD sebelumnya, namun ada beberapa poin penting yang harus dirubah sesuai perkembangan aturan di atasnya dalam hal ini PP momor 12 tahun 2018.

Salah satunya adalah soal komposisi pimpinan AKD. Dalam ketentuan terbaru, Tatib tidak menyebut nama partai secara langsung sebagaimana pada Tatib sebelumnya. Tetapi yang dimunculkan dalam tatib baru nanti adalah, untuk pimpinan AKD mengacu kepada jumlah keanggotaan fraksi.

"Saya menilai ini lebih fleksibel. Boleh jadi dalam perjalanan DPRD nanti, ada perubahan gabungan fraksi sehingga merubah jumlah keanggotannya," kata Apip.

Ditambahkan, mulai Senin (21/10/2019) Pansus akan melakukan finishing penyusunan Tatib DPRD dan mengkomunikasikan dengan seluruh fraksi.*

 

Lihat : Pimpinan Baru DPRD Fokus Tiga Garapan Pembangunan Kota Tasikmalaya 


Berita Terkait