Seniman Asal Kota Tasikmalaya Berjaya di Kancah Nasional

Selasa, 22 Oktober 2019 08:15 Erni Nur'aeni Nasional

Seniman Asal Kota Tasikmalaya Berjaya di Kancah Nasional


Koropak.co.id - Salah seorang seniman Kota Tasikmalaya sekaligus Ketua Dewan Kesenian Kota Tasikmalaya (DKKT) berhasil mengharumkan nama Kota Tasikmalaya dengan meraih penghargaan atas bukunya yang berjudul "Mereka Terus Bergegas" terbitan Langgam Pustaka.

Penghargaan yang diraih sebagai 5 buku puisi terpilih tersebut diterima Bode dalam Anugerah Hari Puisi Indonesia di Graha Bhakti Budaya Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta, pada Minggu (20/10/2019).

Buku karya bode merupakan buku terpilih dari 207 buku puisi se-Indonesia.

Dikonfirmasi Koropak, Senin (21/10/2019) Bode mengatakan penghargaan tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Puisi Indonesia yang diselenggarakan oleh Yayasan Hari Puisi Indonesia.

"Malam penganugerahan kemarin merupakan malam penganugrahan ke-7 yang dilaksanakan secara rutin setiap tahun. Dalam kegiatan tersebut digelar penilaian terhadap buku-buku antologi puisi oleh para juri yang berkompenten," katanya.

 

Koropak.co.id - Seniman Asal Kota Tasikmalaya Berjaya di Kancah Nasional (2)

 

Baca : Puisi Memperkaya Batin Menenangkan Rohani


Ditambahkan Bode, buku tersebut dipilih oleh para juri, dan menurut data ada sekitar 207 buku puisi, namun hanya 20 buku dan diambil menjadi 5 besar.

"Saya mendapat kabar dari penerbit bahwa saya harus datang ke penganugerahan tersebut, tanpa diberitahu bahwa buku saya masuk nominasi, Bahkan tidak diberi tahu akan masuk 5 besar jadi ini sangat surprise," katanya.

Kata Bode, untuk dapat masuk dalam kategori, banyak syarat dan ketentuan yang harus dilalui karena melalui seleksi yang sangat ketat seperti originalitas karya, sudah ISBN, dan karya asli milik sendiri.

"Adanya penghargaan ini secara tidak langsung membuka jalan lain dari penulisan. Penghargaan ini pun menjadi pembuka cakrawala baru bagi orang lain bahwa di Tasikmalaya memiliki penerbit puisi yang patut diperhitungkan di kancah nasional," katanya.*

 

Baca : Musikalisasi Puisi Sajikan KenikmatanSeni dan Budaya

Baca : Dramatisasi Puisi di Kibar Budaya Inovasi Sebuah Pentas puisi

 


Berita Terkait