Dinas KUKM Perindag Kota Tasikmalaya Evaluasi TOF 2019

Selasa, 22 Oktober 2019 20:00 Eris Kuswara Daerah

Dinas KUKM Perindag Kota Tasikmalaya Evaluasi TOF 2019

 

Koropak.co.id - Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) mengakui jika dilihat dari segi kualitas, pelaksanaan Pameran Tasik Kreatif, Tasikmalaya Oktober Festival (TOF) 2019 kurang optimal.

"Pada awalnya kami menargetkan peningkatan kualitas pameran dengan menunjukan berbagai produk unggulan di Kota Tasikmalaya. Namun, perpindahan tempat pelaksanaan menjadi faktor kurang optimalnya Pameran Tasik Kreatif TOF 2019," kata R Dadang Ginanjar, Kepala Seksi Perindustrian Agro Kota Tasikmalaya kepada Koropak di Kantor Dinas Koperasi UMKM Perindag Kota Tasikmalaya, Selasa (22/10/2019).

Dinas, ucap Dadang, awalnya menargetkan untuk melakukan peningkatan kualitas pameran dengan meniadakan PKL, tetapi fakta di lapangan ternyata berkata lain.

"Banyak sekali PKL yang masuk dan membuat lokasi pameran menjadi tidak steril. Hal itu pula yang turut mempengaruhi asumsi masyarakat bahwa pameran TOF 2019 seperti pameran Tasik Fair," kata Dadang.

 

Koropak.co.id - Dinas KUMKM Perindag Akui Pelaksanaan TOF 2019 Kurang Bagus 2

 

Baca : Pameran Kreatif, Wujud Eksistensi UMKM Kota Tasikmalaya

Ditambahkan Dadang, pihaknya juga mengakui dari segi omset para pengisi stand mengalami penurunan dikarenakan tidak adanya spot selfie di area pameran sehingga minat pengunjung berkurang. Tidak seperti Pameran Tasik Kreatif di TOF tahun lalu yang dilaksanakan di Jalan HZ Mustofa dengan banyak spot selfie.

"Spot selfie tersebut memakai anggaran terpisah dari kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Koperasi UMKM Perindag Kota Tasikmalaya, karena spot selfie tersebut biasanya diadakan oleh Disbudparpora Kota Tasikmalaya dan kami hanya fokus kepada pameran saja," ujarnya.

Dadang menuturkan pihaknya akan melakukan evaluasi berbagai hal yang menjadi kelemahan TOF 2019. Sekaligus berinovasi menghadirkan event-event penunjang, termasuk artis-artis hiburannya agar di tahun depan TOF bisa lebih meriah lagi," ucapnya.*

 

Baca pula : Walikota Bangga Pameran Kreatif TOF 2019 Disambut Antusias UMKM