Omset Peserta Pameran Tasik Kreatif TOF 2019 Sedikit Alami Penurunan

Selasa, 22 Oktober 2019 20:06 Eris Kuswara Daerah

Omset Peserta Pameran Tasik Kreatif TOF 2019 Sedikit Alami Penurunan


Koropak.co.id - Kepala Seksi Perindustrian Agro Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Kota Tasikmalaya, R Dadang Ginanjar menanggapi serius terkait isu miring yang beredar di masyarakat Kota Tasikmalaya tentang stand pameran yang disewakan.

Dia menjelaskan bahwa sebetulnya, pihak dinas memfasilitasi stand untuk non makanan sebanyak 80 stand, makanan sebanyak 30 stand, dan wirausaha baru sebanyak 10 stand secara cuma-cuma.

"Dalam pameran itu banyak yang berminat untuk mengisi stand, termasuk pula dari berbagai instansi yang ada di Kota Tasikmalaya. Namun kami tidak bisa memfasilitasi mereka dalam stand yang diperuntukkan bagi pengrajin. Oleh karena itu, kami menawarkan mereka untuk mengisi stand melalui pihak ketiga untuk dapat ikut serta dalam event ini. Sisanya kami hanya menyediakan space kosong saja yang bisa diisi dengan stand-nya masing-masing," kata Dadang saat dijumpai Koropak dikantornya, Selasa (22/10/2019).

Ditambahkan Dadang, di luar stand yang difasilitasi dinas, ada stand mandiri yang difasilitasi Event Organizer dan itu di luar kebijakan dinas untuk menarik nilai rupiahnya.

"Perlu kami luruskan bahwa isu yang beredar di masyarakat, bahkan sampai diberitakan di beberapa media mengenai pihak dinas mengatur biaya sewa stand, itu Hoax!. Mengenai sewa stand itu murni menjadi tanggung jawab EO," katanya.

 

Koropak.co.id - Omset Peserta Pameran Tasik Kreatif TOF 2019 Sedikit Alami Penurunan

 

Baca : Dinas KUKM Perindag Kota Tasikmalaya Evaluasi TOF 2019

 

"Kami hanya menyediakan lahan yang memang kosong untuk dimanfaatkan. Kebutuhan Dinas hanya sebanyak 120 stand sehingga banyak lahan kosong yang bisa dimanfaatkan untuk tenda lainnya," ucap Dadang.

Ditambahkan Dadang, meskipun para pegiat UMKM mendapat order lanjutan pasca TOF 2019, tetapi sayangnya tidak sebanyak dan sebesar ketika pameran dilaksanakan di Jalan HZ Mustofa. Namun, untuk pelaksanakan tahun depan pun belum ada keputusan apakah akan bergeser tempat atau masih di Kompleks Dadaha, tergantung hasil evaluasi internal.

"Masalah itu akan diputuskan setelah mendekati pelaksanaan TOF tahun depan. Sementara itu, jika dilihat dari pengamatan kemarin, untuk omset para peserta pameran memang sedikit mengalami penurunan, baik dari segi transaksi penjualan maupun pengunjung. Diketahui menurut data teknis untuk omset kuliner sebanyak Rp 212.440.000, non kuliner Rp 320.593.500 sehingga total keselurahannya mencapai Rp 533.033.500," ujarnya.*

 

Baca pula : Promosi Tidak Akan Maksimal Jika Pameran Kreatif Hanya 3 Hari