Indonesia Telah Mampu Unjuk Diri di Mata Dunia

Rabu, 23 Oktober 2019 10:40 D. Farhan Kamil Daerah

Indonesia Telah Mampu Unjuk Diri di Mata Dunia

 

 

Koropak.co.id - Harus diakui keamanan dan ketertiban selama proses pelaksananaan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI (Joko Widodo - KH Ma'ruf Amin) dua hari lalu, merupakan buah kesigapan aparat keamanan dalam hal ini TNI/Polri yang selama beberapa hari jauh sebelum pelaksanaan pelantikan, berjibaku dengan serentetan persiapan meski harus mengorbankan tenaga fikiran serta waktu.

Ruhnya adalah bagaimana acara sakral pelantikan Presiden dan Wakilnya sebagai simbol negara, berjalan lancar. Dapat dinikmati oleh segenap lapisan penduduk negeri dan mata dunia dengan aman, tertib dan damai hingga saat ini.

Kondisi itu telah menciptakan kesan bahwa Negara Indonesia dengan segala keanekaragamannya tetap damai, bersatu dan kuat, berwibawa mengantarkan pemimpin bangsanya dengan nyaman, penuh suka cita dan diwarnai harapan serta doa.

"Ini yang harus kita apresiasi bersama dan kita bangga kepada TNI dan Polri yang telah hadir untuk menjaga dan mengamankan acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI dan stabilitas negara secara luas. Indonesia nyatanya tidak hanya sekedar mampu menyelenggarakan Pilpres tetapi juga mampu menjaga keamanan. Indonesia telah mampu menunjukkan dirinya di mata dunia, bahwa Indonesia aman," kata Bupati Tasikmalaya H. Ade Sugianto, seusai melepas kirab santri di halaman heliped Cipasung, Cipakat, Singaparna, Selasa (22/10 /2019).

Dukungan masyarakat secara luas demi keterwujudan pelaksanaan pelantikan, (pra dan pasca) yang aman dan tertib, patut pula diapresiasi.

 

Koropak.co.id - Indonesia Telah Mampu Unjuk Diri di Mata Dunia (2)


Baca : Kemunculan Crosshijaber MUI Jabar Minta Polisi Tangkap Pelaku


Senada dengannya, Ketua PC NU Kabupaten Tasikmalaya sekaligus Sekretaris Yayasan Pondok Pesantren KH. Zaenal Mustafa Sukamanah Kecamatan Sukarame, KH. Drs. Atam Rustam, M.Pd, mengakui adanya kesatuan kekuatan TNI dan Polri serta dukungan masyarakat di balik keterwujudan keamanan dan kedamaian negeri selama proses pelaksanaan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI.

"Kita sempat mendengar adanya isu dan ancaman bakal terjadi gerakan masa dari kelompok masyarakat tertentu yang hendak menggagalkan pelantikan dan kita sempat khawatir dibuatnya. Akan tetapi dengan segala kesigapannya, TNI/Polri mampu mengantisipasi berbagai kemungkinan terburuk hingga membuahkan hasil yang baik yakni situasi yang aman dan kondusif. Tak sedikitpun rasa aman di masyarakat tercederai," ujarnya.

Tak sampai di situ tambah dia, TNI Polri pun terus mengawal keterlaksanaan hajat masyarakat salah satunya Hari Santri Nasional secara baik dan tertib. "Alhamdulillah syukur kepada Allah SWT ini poin penting dan terimakasih kepada segenap aparat keamanan yang terus mengawal terciptanya kondusifitas dan stabilitas negara dan bangsa," ucapnya.

 

Koropak.co.id - Indonesia Telah Mampu Unjuk Diri di Mata Dunia (3)


Baca : Jelang Pelantikan Presiden, Danrem Gelar Silaturahmi

Sementara itu, sesepuh Pondok Pesantren Cipasung, KH. Drs. Abun Bunyamin Ruhiat, M.Si mengatakan, TNI maupun Polri tak sekedar mengawal dan mengamankan program nasional seperti pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI kemarin. Nyatanya cipta kondisi dan situasi aman di daerah pun khususnya Kabupaten Tasikmalaya menjadi bidikan serius demi keterwujudan rasa aman secara nasional.

"Ini berkat kesigapan TNI/Polri yang patut dibanggakan dan diapresiasi bersama dalam menciptakan rasa aman di masyarakat," katanya.*


Baca : Bupati Tasikmalaya Sambut Kebijakan Presiden Jokowi