Disporabudpar Akan Evaluasi Kelemahan TOF 2019

Rabu, 23 Oktober 2019 17:58 Erni Nur'aeni Daerah

Disporabudpar Akan Evaluasi Kelemahan TOF 2019

 

Koropak.co.id - Menyoal menurutnya kualitas pelaksanaan Tasikmalaya Oktober Festival (TOF) 2019 yang merupakan rangkaian peringatan Hari Jadi ke-18 Kota Tasikmalaya, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tasikmalaya, Aan Hadian menuturkan akan mengevaluasi sejumlah kelemahan untuk perbaikan TOF tahun depan.

"Kami akui di TOF 2019 terdapat penurunan kualitas. Termasuk salah satunya bergesernya tempat pelaksanaan Pameran Tasik Kreatif ke Kompleks Dadaha yang membuat atensi pengunjung menyusut drastis. Berbeda dengan pelaksanaan pameran di tahun sebelumnya yang digelar di bilangan Jalan Hz Mustofa," kata Hadian kepada Koropak, Rabu (23/10/2019).

Ditambahkan Hadian, di ajang Karnaval Budaya, masyarakat terlihat antusias dan berbeda dengan tahun sebelumnya yang dilaksanakan di sepanjang Jalan Otto Iskandar Dinata. Masyarakat dan peserta kurang puas karena pelaksanaan karnaval hanya sebentar.

"Terlepas dari itu, kurangnya pariwisata alam di Kota Tasikmalaya, membuat kita mengalihkan konsep pariwisata ke destinasi ekonomi kreatif yang merupakan 7 komoditi unggulan seperti payung geulis, kelom geulis, bordir, batik, mendong, anyaman bambu dan kuliner. Itu semua hadir di TOF 2019, namun sayang memang animo pengunjungnya tidak semeriah TOF tahun kemarin," katanya.

 

 

Koropak.co.id - Disporabudpar Akan Evaluasi Kelemahan TOF 2019

 

Baca : Memukau, Anak Disabilitas Semarakkan TOF 2019

Akan adanya pembangunan Tol Cigatas, ucap Hadian, menjadi peluang geliat ekonomi baru bagi Kota Tasikmalaya yang harus dimanfaatkan oleh para pengusaha, terutama para Wirausaha Baru yang merupakan salah satu program Pemerintah Kota Tasikmalaya dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.

"Pada kesimpulannya, kegiatan TOF kemarin jadi tolok ukur adanya penurunan kualitas pelaksanaan acara. Oleh sebab itu kami akan evaluasi dan benahi agar TOF tahun depan dapat berlangsung lebih sukses dibanding tahun sekarang," ucap Hadian.*

 

Baca pula : Dinas KUKM Perindag Kota Tasikmalaya Evaluasi TOF 2019