Bagian Pemdes Setda Kabupaten Tasikmalaya Gelar Quick Count

Rabu, 23 Oktober 2019 20:40 D. Farhan Kamil Desa

Bagian Pemdes Setda Kabupaten Tasikmalaya Gelar Quick Count

 

Koropak.co.id - Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya pada Pilkades serentak tahun ini, membuat terobosan baru dengan menyiapkan quick count atau hitung cepat hasil perolehan suara Pilkades di 211 desa, pada Kamis (24/10/2019).

Kasubag Bina Aparatur Pemerintah Desa (Pemdes) pada Bagian Pemdes Setda Kabupaten Tasikmalaya, Agung Nur Budhiansyah mengatakan, setiap panitia atau petugas Pilkades yang telah ditunjuk memiliki tugas untuk melaporkan hasil perolehan suara Pilkades di lokasi ke Bagian Pemdes Setda Kabupaten Tasikmalaya.

"Palaporan dilakukan secara manual oleh tim di lokasi pemungutan suara, melalui pesan singkat WhatsApp yang akan langsung direkap oleh petugas khusus di bagian Pemdes," katanya, Rabu (23/10/2019).

 

Baca : Sangat Minim Anggaran, Pilkades di Kabupaten Tasikmalaya Dipukul Rata

 

Menurutnya, jika perhitungan suara dilakukan mulai jam 13.00 maka dapat diprediksi, pada sore harinya hasil pilkades ini sudah terpantau di Setda.

Dikatakan Agung, sejauh ini berdasarkan laporan dari panitia pilkades baik tingkat kecamatan maupun desa, kesiapan pelaksanaan sudah 100 persen. Termasuk soal logistik, ia menegaskan sejauh ini terpantau baik dan terus mendapat pengawalan ketat dari pihak Kepolisian.

Terkait pengawasan lanjut dia, aparat penegak hukum (APH) secara langsung melakukan pengawasan di samping pengamanan di lokasi. Artinya ketika ada kecurangan ditemukan, maka aparat kepolisian maupun kejaksaan langsung memproses berdasarkan laporan masyarakat di lokasi," ujarnya.*

 

Baca : Demi Pilkades di Kabupaten Tasikmalaya, Brimob Polda Jabar Turun Gunung

 


Berita Terkait