Bank Indonesia Harapkan Pasar Murah Dimanfaatkan Masyarakat

Kamis, 24 Oktober 2019 19:24 Eris Kuswara Daerah

Bank Indonesia Harapkan Pasar Murah Dimanfaatkan Masyarakat


Koropak.co.id - Dengan adanya Operasi Pasar Murah yang dilaksanakan di 1 Kecamatan dan 2 Kelurahan di Kota Tasikmalaya, diharapkan dapat membantu masyarakat dalam membeli produk dari komoditas-komoditas yang mengikuti kegiatan OPM dengan menawarkan harga yang cukup baik.

Namun, sejauh ini komoditas yang paling banyak diminati dan dikejar oleh masyarakat adalah beras, padahal berdasarkan hasil survey yang dilakukan harga beras baik-baik saja dan stabil.

Demikian disampaikan Kepala KPw Bank Indonesia Tasikmalaya, Heru Saptaji saat dijumpai Koropak di Kantor KPw Bank Indonesia Tasikmalaya yang beralamat di Jalan Sutisna Senjaya Nomor 19 Tawangsari, Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya, Kamis (24/10/2019).

"Operasi pasar murah tahap pertama ini rencananya akan dilaksanakan selama 1 minggu mulai dari 23 Oktober hingga 29 Oktober 2019 mendatang dan dilaksanakan di 1 kecamatan dan 2 kelurahan di Kota Tasikmalaya yang meliputi Kecamatan Tamansari, Kelurahan Nagarawangi serta Kelurahan Bantarsari," kata Heru.

 

Koropak.co.id - Bank Indonesia Harapkan Pasar Murah Dimanfaatkan Masyarakat (2)

 

Baca : Pasar Murah Rakyat Solusi Pemenuhan Komoditas

Ditambahkan Heru, OPM diharapkan mampu memberikan informasi kepada masyarakat agar bisa dimanfaatkan sebaik mungkin. Sementara itu, untuk yang terlibat dalam OPM meliputi Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), Toko Tani Indonesia, Dinas Ketahanan Pangan Kota Tasikmalaya, Pemerintah Kota Tasikmalaya, Mitra Usaha TPID, Bulog, Pertamina serta berbagai klaster binaan Bank Indonesia.

"Sebenarnya ini hanya masalah informasi saja, sehingga jika informasi ini menyebar dengan luas dan mampu diterima dengan baik oleh masyarakat maka akan berdampak positif. Sejauh ini animo masyarakat dalam membeli produk masih kurang, contohnya seperti cabai yang saat ini harganya tinggi tetapi dalam OPM yang terjual baru 27 kg saja sedangkan stok yang kami sediakan ratusan kg," ucapnya.

Heru menuturkan, dengan demikian untuk meningkatkan minat masyarakat untuk membeli produk yang dijual di OPM kali ini, perlunya adanya informasi yang lebih lagi agar masyarakat bisa benar-benar antusias dalam membeli produk yang disediakan di pasar murah.

"Sebenarnya kenaikan harga untuk produk cabai merah, dan bawang merah tidak perlu terjadi, dikarenakan hingga saat ini tidak ada isu apapun terkait bahan pokok tersebut contohnya seperti isu cuaca dan lainnya. Bahkan stok pangan pun dipanen dengan baik. Oleh karena itu, kami berharap dengan adanya kegiatan ini dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh masyarakat," ujarnya.*

 

Baca : Pasar Murah Bermanfaat Lebih Bagi Masyarakat Tamansari

 

 


Berita Terkait