Pemkab Garut Siapkan Rp 4 Miliar Untuk Pilkades

Jum'at, 25 Oktober 2019 17:14 Dedi Sofwan Desa

Pemkab Garut Siapkan Rp 4 Miliar Untuk Pilkades


Koropak.co.id - Pemerintah Kabupaten Garut mulai menyiapkan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang rencananya akan dilaksanakan pada 5 November 2019 mendatang. Pilkades akan diikuti 125 desa yang tersebar di 41 kecamatan se-Kabupaten Garut.

Dari segi anggaran, pada Pilkades serentak tersebut, Pemkab Garut telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 4,03 miliar yang bersumber dari APBD Kabupaten Garut.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Garut, H. Aji Sukarmaji, M.Si, saat berbincang bersama Koropak, Jumat (25/10/2019).

Dijelaskan Aji, saat ini pihaknya sudah membahas berbagai persiapan jelang pelaksanaan pilkades serentak 2019 meliputi pembahasan anggaran hingga pengamanan.

“Kalau berkaca dari pengalaman Pilkades sebelumnya, kebutuhan pelaksanaan Pilkades di Garut tidak sama," katanya.

 

Koropak.co.id - Pemkab Garut Siapkan Rp 4 Miliar Untuk Pilkades

 

Baca : Pilkades Karangpawitan Garut Memasuki Tahap Pengundian Nomor Urut

Dikatakan Aji, Pilkades pada awal November 2019 tersebut merupakan gelombang ketiga sejak diberlakukannya Undang-Undang Desa. Gelombang pertama digelar tahun 2015 dan gelombang kedua dilaksanakan pada tahun 2017.

Menurut Aji, penetapan Pilkades serentak ini mengacu pada habisnya masa jabatan kepala desa sebelumnya. Kalau pun sudah habis, maka untuk mengisi kekosongan jabatan sementara diisi dengan Plt kepala desa, sambil menunggu pelaksanaan Pilkades 5 November 2019 digelar.

“Kalau bursa calon, di masing-masing desa sudah bermunculan siapa bakal calonnya. Kalau misalnya ada satu calon Kades, maka diupayakan harus dua, kalau lebih dari lima maka dilaksanakan seleksi dan itu sudah kami lakukan,” ucapnya.*

 

Baca pula : Jelang Pilkades Serentak, Panitia Pemilu Kepala Desa Dikukuhkan

 


Berita Terkait