Pansus Tatib DPRD Kabupaten Tasikmalaya Hadirkan 2 Pakar Hukum

Jum'at, 25 Oktober 2019 18:25 D. Farhan Kamil Parlemen

Pansus Tatib DPRD Kabupaten Tasikmalaya Hadirkan 2 Pakar Hukum


Koropak.co.id - Setelah sepekan penuh melakukan pembahasan rancangan tata tertib (Tatib) DPRD, Jumat (25/10/2019), panitia khusus (Pansus) Tatib menghadirkan dua orang pakar hukum dari Biro Hukum dan HAM Provinsi Jawa Barat di Gedung Serbaguna DPRD Kabupaten Tasikmalaya.

"Ini merupakan tindak lanjut konsultasi Pansus ke Biro Hukum dan HAM Jabar terkait Tatib beberapa hari lalu. Hari ini kita undang mereka untuk memantapkan kembali rancangan Tatib yang sudah kita buat dan kita anggap sudah final," kata Ketua Pansus Tatib, H. Apip Ipan Permadi kepada Koropak.

Hadir pada rapat tersebut, pimpinan dan anggota Pansus Tatib, staf Sekretariat DPRD dan sejumlah mahasiswa dari Fakultas Ilmu Politik. Dari hasil pemantapan tersebut kata Apip, secara umum rancangan Tatib sudah final. Hanya ada beberapa koreksi yang dinilai cukup prinsip, salah satunya berkaitan dengan penempatan kata dan tata Bahasa Indonesia sesuai ejaan yang disempurnakan.

"Hari ini pembahasan Tatib sudah final di tingkat Pansus sesuai target. Dan hari ini pula kita sampaikan dokumen rancangan tatibnya ke Pimpinan DPRD untuk disampaikan ke proivinsi," ujarnya.

 


Koropak.co.id - Pansus Tatib DPRD Kabupaten Tasikmalaya Hadirkan 2 Pakar Hukum (2)

 

Berkaitan dengan pembentukan Alat Kelengkapan DPRD (AKD), politisi PPP Kabupaten Tasikmalaya ini menegaskan, hal ini kembali kepada pimpinan DPRD.

"Setelah selesai di Pansus, Tatib akan disampaikan ke provinsi melalui pimpinan DPRD. Nanti setelah ada jawaban dari provinsi, baru diagendakan rapat paripurna untuk penetapan Tatib," ucapnya.

Tahapan tersebut, kata Apip, tentu saja membutuhkan waktu tidak sedikit.

"Maka kita dorong pimpinan segera menyampaikan ke pihak provinsi untuk difasilitasi. Mudah-mudahan Tatib dapat segera ditetapkan untuk dijadikan landasan dalam pembentukan AKD yang ditargetkan selesai sebelum Oktober berakhir," katanya.*

 

Baca : Akui Lambat DPRD Kabupaten Tasikmalaya Rampungkan Tatib

 


Berita Terkait