Industri Kopi Semakin Tumbuh Dengan Menjamurnya Kedai Kopi

Sabtu, 26 Oktober 2019 12:25 Eris Kuswara Daerah

Industri Kopi Semakin Tumbuh Dengan Menjamurnya Kedai Kopi


Koropak.co.id - Terdapat hal menarik dalam Festival Kopi Pangandaran 2019 yang diadakan Bank Indonesia Tasikmalaya dan Pemerintah Kabupaten Pangandaran yang dilaksanakan di Grand Pangandaran Jalan Boulevard, Jalan Bulak Laut Nomor 46396, Pananjung, Kecamatan Pangandaran Kabupaten Pangandaran, Jumat (25/10/2019). Dalam Lomba Battle Coffee, terdapat satu-satunya barista wanita yang mengukti perlombaan, yakni Zeni.

Dijumpai Koropak di sela kegiatan, wanita berusia 25 tahun asal Desa Selasari Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran itu mengatakan bahwa dirinya pertama kali mengikuti battle coffee, karena dirinya juga baru saja menguasai teknik-teknik menjadi seorang barista. Motivasinya mengikuti lomba ini adalah untuk menambah pengalaman, khususnya dalam bidang kopi.

"Meskipun saya tidak lolos ke babak selanjutnya, tetapi ini bisa dijadikan sebagai pengalaman bagi saya agar kedepannya untuk belajar lebih baik lagi. Dalam battle coffee, kopi yang saya buat adalah kopi robusta Pangandaran dengan cara penyajian menggunakan teknik V60," kata Zeni.

 

Koropak.co.id - Industri Kopi Semakin Tumbuh Dengan Menjamurnya Kedai Kopi (3)

 

Gadis yang mewakili Kedai Yo! Coffee dalam Festival Kopi Pangandaran 2019 itu menambahkan motivasi lainnya mengikuti kegiatan ini karena seorang barista indentik dengan seorang pria. Oleh karena itu, dia ingin membuktikan bahwa seorang wanita pun bisa menjadi seorang barista. 

"Mungkin ke depannya, kaum wanita asli Pangandaran ikut termotivasi untuk menjadi seorang barista dengan adanya kegiatan ini. Untuk budaya ngopi di sini, pastinya hampir semua orang menyukai kopi, tetapi untuk orang yang benar-benar tahu sekali semua hal tentang kopi masih jarang sekali," katanya.

Namun, ucap Zeni, seiring berjalannya waktu, kini sudah banyak sekali kedai-kedai yang dibangun dan hal itu berdampak pada bertambahnya jumlah penikmat kopi.

 

Koropak.co.id - Industri Kopi Semakin Tumbuh Dengan Menjamurnya Kedai Kopi (1)

 

Baca : Lomba Barista Festival Kopi Meriahkan Hari Jadi Pangandaran

 

Dikatakan Zeni, dengan adanya festival ini, diharapkan kopi-kopi yang dihasilkan para petani kopi lokal khususnya di daerah Pangandaran bisa semakin terangkat dan semakin dikenal pula oleh masyarakat luas. Karena sebenarnya kopi lokal memiliki kualitas yang bagus.

"Bagi saya, menjadi seorang barista susah-susah gampang, tetapi kalau memiliki keinginan kuat untuk belajar dan mencoba maka semuanya akan terlihat mudah," ucapnya.*

 

Baca pula : Hari Jadi Pangandaran Kian Meriah Dengan Festival Kopi 


Berita Terkait