Kabupaten Tasikmalaya Belum Memiliki Regulasi Kepemudaan

Sabtu, 26 Oktober 2019 13:57 D. Farhan Kamil Daerah

Kabupaten Tasikmalaya Belum Memiliki Regulasi Kepemudaan


Koropak.co.id - DPD KNPI Kabupaten Tasikmalaya mendorong DPRD Kabupaten Tasikmalaya periode 2019-2024 yang dinilai masih segar, memiliki keberpihakan terhadap eksistensi pemuda agar lebih berdaya guna dalam ruang-ruang pembangunan di Kabupaten Tasikmalaya.

Salah satu yang didorong KNPI adalah lahirnya Peraturan Daerah (Perda) tentang kepemudaan sebagai payung hukum untuk memberdayakan pemuda sekaligus untuk mengakomodir sepak terjang pemuda dalam mengabdikan dirinya demi pembangunan dan kemajuan Kabupaten Tasikmalaya.

Hal itu terungkap dalam kegiatan audiensi DPD KNPI Kabupaten Tasikmalaya dengan Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Asep Sopari Alayubi, di Ruang Serbaguna DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (25 /10 /2019)

"Kita sempat digegerkan dengan karya salah seorang pemuda pelopor asal Kabupaten Tasikmalaya yang diakui di tingkat nasional dengan mesin penetas telurnya. Tapi pada akhirnya, kini tenggelam karena sama sekali tidak disentuh atau diberdayakan. Inilah salah satu persoalan yang mendorong KNPI mendatangi Pimpinan DPRD," kata Ketua DPD KNPI Kabupaten Tasikmalaya, Nana Sumarna saat dikonfirmasi Koropak, Sabtu (26/10/2019).

 

Koropak.co.id - Kabupaten Tasikmalaya Belum Memiliki Regulasi Kepemudaan (3)

 

Ditambahkan Nana, selain silaturahmi pihaknya juga menyodorkan program-program yang diharapkan dapat melahirkan inisiatif DPRD melahirkan Perda Kepemudaan.

"Dari 27 kota/kabupaten di Jawa Barat, Kabupaten Tasikmalaya ini daerah yang belum memiliki Perda tentang kepemudaan sama seperti tiga kota/kabupaten lainya di Jawa Barat. Kita tertinggal di banding daerah lainnya. Mereka lebih awal memiliki regulasi tentang konsep-konsep pemberdayaan pemuda di daerahnya seperti di Kota Bandung," tuturnya.

KNPI dengan 70 organisasi kepemudaan di dalamnya kata Nana, menjadi penerjemah apa yang menjadi visi dan misi Pemkab Tasikmalaya, karena selama ini KNPI adalah mitra strategis sekaligus mitra kritis.

"Keberpihakan pemerintah diharapkan tidak dalam kontek anggaran semata, tetapi juga ada regulasi yang mengatur dan mendorong pemuda tertarik mengembangkan dirinya. Intinya ada ruang-ruang dimana pemuda dapat mengembangkan dirinya," ujar Nana.

 

Koropak.co.id - Kabupaten Tasikmalaya Belum Memiliki Regulasi Kepemudaan (2)

 

Baca : KNPI Gali Borok Cari Figur Calon Pemimpin Kabupaten Tasikmalaya

Sementara itu Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya, Asep Sopari Alayubi mengatakan, pihaknya menyambut gembira program dan usulan KNPI yang disampaikan secara gamblang.

Pihaknya akan membawa usulan tersebut dalam agenda rapat pimpinan sebagai bahan kajian DPRD di tahapan berikutnya.

"Partisipasi pemuda di banyak hal memang harus lebih diperkuat dalam mendorong laju pembangunan di Kabupaten Tasikmalaya ini. Kekuatan kita di DPRD harus bersanding dengan elemen masyarakat salah satunya KNPI yang juga untuk memperkuat fungsi dewan terutama soal pengawasan," kata Asep.*

 

Baca pula : KNPI Kabupaten Tasikmalaya Gaet MUI Bereskan Pemuda