Final MTQ Kabupaten Garut, Kontingen Leles Jadi Juara Umum

Sabtu, 26 Oktober 2019 18:42 Dedi Sofwan Daerah

Final MTQ Kabupaten Garut, Kontingen Leles Jadi Juara Umum


Koropak.co.id - Bertempat di Lapangan Otto Iskandardinata, Jalan Ahmad Yani, Garut, Jawa Barat, perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-42 tingkat Kabupaten Garut secara resmi ditutup oleh Bupati Garut, H. Rudy Gunawan, Jumat (25/10/2019) malam.

Dalam ajang dua tahunan tersebut, Kecamatan Leles keluar sebagai juara umum dengan jumlah raihan 7 emas, 2 perak dan 4 perunggu.

Dikonfirmasi Koropak, Sabtu (26/10/2019) Camat Leles Asep Suhendar mengatakan prestasi tersebut membuat segenap masyarakat Leles bangga dikarenakan pada ajang yang sama dua tahun lalu, dalam MTQ yang dilangsungkan di Kecamatan Malangbong, Kecamatan Leles hanya menempati juara ke-3.

Menurut Asep, daerahnya sangat beruntung dengan adanya tokoh Ketua MUI Leles sekaligus Pimpinan Pondok Pesantren yang ada di Kampung Hujung Desa Cipancar KH Ridwan Malik, dan Pimpinan Pondok Pesantren yang ada di Kampung Lolohan Desa Cangkuang H Saepudin yang juga putra terbaik qori nasional.

"Atas kehadiran kedua tokoh tersebut, perannya sangat menginspirasi kami dalam melakukan pembinaan secara rutin, kemudian koordinasi dengan berbagai pondok pesantren dari waktu ke waktu, baik generasi muda maupun para senior masih tetap terjalin kerjasama dan silaturahim yang baik," ucapnya.

 

Koropak.co.id - Final MTQ Kabupaten Garut, Kontingen Leles Jadi Juara Umum (2)

 

Baca : Baznas Garut Sumbang Pelaksanaan MTQ Rp 2,5 Juta Per Kecamatan

Ditambahkan Asep, peningkatan prestasi yang signifikan tersebut dikarenakan pihaknya terus memberikan dukungan, apresiasi dan semangat selama berlangsungnya MTQ, salah satunya memperhatikan kebutuhan para kafilah.

“Kami selalu berkunjung ke pondokan khafilah Leles, kami berikan semangat, baik siang maupun malam, agar selalu tumbuh kepercayaan diri mereka pada saat membacakan ayat-ayat suci Al-Quran di hadapan para juri," ucapnya.

Menurut Asep, sebagai juara umum pada MTQ, menjadi spirit bagi Kecamatan Leles untuk bersiap menuju event tingkat Provinsi Jawa Barat mewakili Kabupaten Garut.

Terkait dengan sejumlah qori dan qori’ah nya yang berprestasi, Camat juga mengatakan akan memberikan reward atas kerja keras dan keberhasilan mereka dalam mengharumkan daerahnya.

“Kita pasti memberikan penghargaan juga, namun akan menyesuaikan dengan kemampuan, yang penting bagaimana caranya mereka yang berprestasi mendapatkan apresiasi," ujarnya.*

 

Baca pula : Meriah Warga Garut Banjiri Pawai Taaruf MTQ

 


Berita Terkait