Bangga! Indonesia Miliki Putra Bangsa Bersinar di Dunia

Sabtu, 26 Oktober 2019 19:11 Hazna Fairuz Nasional

Bangga! Indonesia Miliki Putra Bangsa Bersinar di Dunia


Koropak.co.id - Kabinet Indonesia Maju sudah resmi dilantik pada Rabu (23/10/2019). Tercatat di kabinet Jokowi jilid 2 ini ada 34 menteri dan 4 pejabat setingkat menteri. Tak surut dari sorotan publik, dari jumlah 34 menteri tersebut 18 kursi di antaranya diisi oleh sosok dari kalangan profesional non partai politik, sedangkan 16 kursi diisi dari sosok berlatarbelakang partai politik.

Beberapa menteri pilihan Jokowi memiliki sederet prestasi dan bahkan diakui dunia. Berikut Koropak telah merangkum menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju yang berprestasi di kancah global.

1. Menteri Keuangan, Sri Mulyani
Sri Mulyani menerima penghargaan dari berbagai lembaga serta media dunia. Pada Oktober 2017 lalu, Sri diberi gelar wanita paling berpengaruh kedua di Indonesia versi majalah Globe Asia, dan menempatkan Sri Mulyani sebagai salah satu tokoh asal Indonesia paling berpengaruh.

Globe Asia mengapresiasi keberhasilan Sri dalam menjalankan program tax amnesty yang sukses mengembalikan pajak yang seharusnya dibayarkan oleh beberapa orang Indonesia di luar negeri. Sri juga mendapatkan penghargaan Menteri Terbaik di Dunia (Best Minister in the World Award) di World Government Summit yang diselenggarakan di Dubai, Uni Emirates Arab pada Februari 2018.

 

Koropak.co.id - Bangga! Indonesia Memiliki Putra Bangsa Bersinar di Dunia (2)

2. Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menerima penghargaan International Lifetime Contribution Award 2017 dari Perhimpunan Insinyur Jepang. Basuki merupakan tokoh Indonesia pertama yang menerima penghargaan ini karena dinilai berhasil dalam melaksanakan pembangunan infrastruktur yang merata di seluruh wilayah Indonesia.

Basuki juga pernah menerima penghargaan dari Asean Federation Engineering Organization (AFEO) atau organisasi insinyur di Asean untuk kategori AFEO Distinguished Honorary Fellow pada acara 34th Conference of The Asean Federation of Engineering Organization (CAFEO) di Puerto Princessa, Palawan, Filipina, pada November 2016.

 

Baca : Inilah Daftar Menteri Kabinet Indonesia Maju Jilid 2

 

Koropak.co.id - Bangga! Indonesia Memiliki Putra Bangsa Bersinar di Dunia (3)

3. Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi
Menjabat sebagai Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi mengukir prestasi dengan mendapatkan penghargaan Agen perubahan untuk kesetaraan gender dan Pemberdayaan Perempuan dari badan urusan perempuan PBB, UN Woman di Markas PBB, New York, Amerika Serikat pada September 2017 lalu. Retno juga mendapat penghargaan Order of Merit dari Raja Norwegia pada Desember 2011, yang menjadikannya sebagai orang Indonesia pertama yang memperoleh penghargaan tersebut.

 

 

Koropak.co.id - Bangga! Indonesia Memiliki Putra Bangsa Bersinar di Dunia (4)

4. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim
Menteri termuda di Kabinet Indonesia Maju Nadiem Makarim menerima penghargaan The Straits Times Asian of the Year pada 2016 yang merupakan orang Indonesia pertama yang menerima penghargaan tersebut. Penghargaan tersebut merupakan penghargaan pada perusahaan berfokus pada peningkatan kesejahteraan sektor informal. Pada saat yang sama, dapat membantu menyediakan mata pencaharian bagi masyarakat Indonesia dengan mengubah pasar dan model bisnis tradisional.

Nadiem juga masuk dalam daftar Bloomberg 50 versi 2018. Bloomberg menilai tidak ada aplikasi lain yang telah mengubah kehidupan di Indonesia dengan cepat dan mendalam seperti Gojek. Sepak terjang Nadiem kini melebar mengembangkan Gojek ke Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam. Membuat Bloomberg menyandingkan namanya dengan para bintang ternama. Mei 2019, Nadiem menjadi tokoh termuda se-Asia yang menerima penghargaan Nikkei Asia Prize ke-24 untuk inovasi Ekonomi dan Bisnis.

 

 

Koropak.co.id - Bangga! Indonesia Memiliki Putra Bangsa Bersinar di Dunia (5)

5. Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian
Tito Karnavian mendapat penghargaan Commemorative Medal of The Ministry of Interior the Russian Federation "100 Years of International Police Cooperation" dari Dubes Rusia Galuzin atas hasil kerja sama yang kuat antara lembaga penegak hukum Rusia dan Indonesia.

Penghargaan lainnya disematkan oleh Sultan Hassanal Bolkiah di Istana Nurul Imam, Bandar Seri Begawan pada 15 Jui 2017 berupa Bintang Kebesaran Negara Brunei Darussalam yaitu Darjah Paduka Keberanian Laila Terbilang Yang Amat Gemilang Darjah Pertama (The Most Exalted Order of Paduka Keberanian Laila Terbilang-First Class) dan mendapat gelar "Dato Paduka Seri".

Singapura juga memberikan penghargaan atas dedikasi Tito terhadap pemberantasan terorisme dan pemeliharaan keamanan dan ketertiban. Nanyang Technological University (NTU) Singapura menganugerahkan Nanyang Alumni Achievement Award 2016 kepada Tito Karnavian pada Oktober 2016 lalu. Selain itu, mendapatkan penghargaan tertinggi di lingkungan Police National Timor Lester yitu Medali Penghargaan Marito.*

 

Baca pula : Prabowo Subianto Ditunjuk Jadi Menteri Pertahanan

 


Berita Terkait