KPU Tetapkan Syarat Dukungan Calon Bupati Tasikmalaya dari Perseorangan

Minggu, 27 Oktober 2019 22:48 D. Farhan Kamil Pilkada

KPU Tetapkan Syarat Dukungan Calon Bupati Tasikmalaya dari Perseorangan

 

 

Koropak.co.id - Menjelang dimulainya pelaksanaan Pilkada 2020, KPU Kabupaten Tasikmalaya melalui rapat pleno terbatas bersama Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya pada Sabtu (26/10/2019), telah menetapkan dan memutuskan syarat minimum dukungan untuk calon Bupati dari jalur perseorangan.

"Kita sudah menetapkan bahwa untuk minimal dukungan bagi calon bupati dari jalur perseorangan, harus mengantongi sebanyak 88.820 dukungan," kata Ketua KPU Kabupaten Tasikmalaya, Minggu (27/10/2019).

Jumlah minimal dukungan tersebut harus tersebar di 50 persen jumlah kecamatan di Kabaputen Tasikmalaya. Artinya dari 39 kecamatan yang ada maka sebaran dukungan harus berada di 20 kecamatan.

“Ya itu minimal tersebar di 20 Kecamatan, lebih bagus lagi tersebar di 39 Kecamatan," ujarnya.

 

Baca : Melesat Sesuai Poling, Iip Kian Hangatkan Bursa Pilkada Tasikmaya

 

Menurut Zamzam, syarat minimum dukungan harus dibuktikan dalam bentuk surat dukungan yang disertai dengan fotocopy KTP Elektronik atau surat keterangan yang diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil yang menerangkan bahwa penduduk tersebut berdomisili di wilayah administratif yang sedang menyelenggarakan pemilihan paling singkat satu tahun.

"Para pendukung harus tercantum dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu sebelumnya di Provinsi dan Kabupaten/kota bersangkutan," ujarnya.

Untuk syarat pencalonan Bupati dari partai politik kata Zamzam, adalah 20 persen dari jumlah kursi di DPRD Kabupaten Tasikmalaya yang berjumlah 50 kursi. Artinya, persyaratannya minimal untuk mengusung calon bupati harus mengantongi 10 kursi di DPRD.*

 

Baca pula : PDIP Buka Penjaringan Calon Bupati dan Wakul Bupati Tasikmalaya


Berita Terkait