Politeknik Pelayaran Banten Lantik Calon Taruna

Senin, 28 Oktober 2019 14:09 Dede Hadiyana Nasional

Politeknik Pelayaran Banten Lantik Calon Taruna


Koropak.co.id - Para calon Taruna Politeknik Pelayaran Banten Program Diklat Pelaut III (DP-III) dan Diklat Pelaut IV (DP-IV) Pembentukan tahun akademik 2019, resmi dilantik menjadi Tunas Taruna dalam seremonial pelantikan yang dilangsungkan di Seven Ocean Field, Kampus Politeknik Pelayaran Banten, Jalan Karang Serang Nomor 1 Kecamatan Sukadiri Kabupaten Tangerang, Banten, Jumat (25/10/2019).

Pelantikan tersebut dipimpin langsung oleh Direktur Politeknik Pelayaran Banten Joni Turiska, ST., M.Si., M. Mar.E., yang diikuti jajaran pejabat kampus, para calon taruna program Diploma III serta para Taruna Madya.

Sebanyak 288 Calon Taruna yang dilantik menjadi Tunas Taruna, yang sebelumnya telah lulus mengikuti Masa Dasar Pembentukan Karakter (Madatukar) beberapa waktu lalu.

Direktur Politeknik Pelayaran Banten Joni Turiska, ST., M.Si., M. Mar.E., menyampaikan selamat kepada calon taruna yang resmi dilantik menjadi tunas taruna.

"Pelantikan calon taruna menjadi tunas taruna Poltekpel Banten ini bertujuan agar calon taruna memiliki intregritas yang tinggi dan semangat dalam belajar selama di kampus Poltekpel Banten. Namun, setelah datang dan mengikuti berbagai pendidikan di dalamnya sebagai calon taruna, mereka digembleng dan diasah melalui suatu proses pembinaan yang disebut Madatukar," ujarnya.

 

Koropak.co.id - Politeknik Pelayaran Banten Lantik Calon Taruna (1)

 

Baca : Diklat Madatukar Taruna Poltekpel Banten Ditutup

Diklat Madatukar, kata Joni, bertujuan untuk membentuk pola, baik disiplin, mental dan moral para taruna agar ke depan dalam mengikuti pendidikan di Kampus Poltekpel Banten menjadi modal utama yang diperoleh selama 100 hari terakhir.

"Ini akan menjadi modal awal pada saat mengikuti pendidikan dikampus maupun pada saat nanti lulus dan dilantik menjadi perwira. Jadi, apa yang sudah dibekali oleh para instruktur maupun pembina harus terus dikembangkan karena di sinilah tempat di mana potensi-potensi diri harus digali, dipertahankan, dan harus semakin ditingkatkan," katanya.

Joni berharap ke depan, tugas yang diberikan kepada taruna akan cukup berat. Namun pihaknya yakin dengan proses yang sudah dilalui dalam suatu wadah Madatukar sebelumnya, para calon taruna telah dianggap layak dan pantas untuk melanjutkan proses pendidikan selanjutnya di Poltekpel Banten.

"Saya berpesan kepada taruna untuk terus pelihara dan kembangkan apa yang sudah dimiliki dan ke depan nantinya diharapkan bisa bersaing di dunia maritim," ucapnya.*

 

Baca : Tunas Taruna Poltekpel Banten Siap Tingkatkan Wawasan