Bupati Garut Harapkan Pemuda Jadi Garda Terdepan Untuk Indonesia Maju

Senin, 28 Oktober 2019 20:08 Dedi Sofwan Daerah

Bupati Garut Harapkan Pemuda Jadi Garda Terdepan Untuk Indonesia Maju


Koropak.co.id - Bupati Garut, Rudy Gunawan, memimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun 2019 tingkat Kabupaten Garut yang berlangsung di Lapangan Otista, Garut, Jawa Barat, Senin (28/10/2019).

Dikatakan Bupati Garut, Hari Sumpah Pemuda ke-91 kali ini mengambil tema “Bersatu Kita Maju”. Tema tersebut diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda.

Terlepas dari histori, ucap Bupati, pesatnya perkembangan teknologi informasi di masa kini ibarat dua mata pisau. Satu sisi memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing.

"Namun pada sisi yang lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif, informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari ponografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudahnya apabila pemuda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara,” ucapnya.

 

Koropak.co.id - Bupati Garut Harapkan Pemuda Jadi Garda Terdepan Untuk Indonesia Maju (2)

 

Baca : Sumpah Pemuda Refleksi Pemersatu Pemuda Bangsa

 

Ditambahkan Bupati, pemuda yang memiliki karakter yang tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja iklas, dan tuntas.

Pemuda, kata Bupati, juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni, serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional.

“Tema 'Bersatu kita Maju' sesungguhnya diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena di tangan pemudalah Indonesia bisa lebih maju. Pemuda untuk Indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia," ujarnya.*

 

Baca : Liga III Indonesia, Bank BJB Cabang Garut Jadi Sponsor Persigar



Berita Terkait