Darurat! Suhu Panas Melanda Berbagai Wilayah di Indonesia

Rabu, 30 Oktober 2019 07:37 Eris Kuswara Nasional

Darurat! Suhu Panas Melanda Berbagai Wilayah di Indonesia


Koropak.co.id - Hingga saat ini suhu panas tengah melanda berbagai wilayah di Indonesia. Bahkan beberapa stasiun pengamatan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia melaporkan, suhu udara yang terjadi saat ini dapat mencapai 37 derajat Celsius.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Koropak, Selasa (29/10/2019) peningkatan suhu panas tersebut tercatat sejak 19 Oktober 2019 lalu. Selain itu, di beberapa wilayah Indonesia, suhu panas yang dialami bahkan nyaris menyentuh angka 40 derajat Celsius. Menurut BMKG, persebaran suhu panas lebih dominan berada di wilayah bagian selatan Indonesia.

Suhu panas ini erat kaitannya dengan gerak semu Matahari yang mengarah ke belahan bumi bagian selatan daerah Indonesia dan akan terjadi hingga Desember 2019 mendatang. Tercatat kini suhu udara mencapai 34 hingga 40 derajat celsius, terutama untuk daerah Sulawesi Selatan, Jawa, Bali dan Nusa Tenggara.

 

 

Koropak.co.id - Darurat! Suhu Panas Melanda Berbagai Wilayah di Indonesia (2)

 

Baca : Pangdam III/Siliwangi Periksa Kebakaran Hutan di Gunung Ciremai

Berbagai bahaya mengancam manusia akibat suhu panas yang terjadi saat ini, mulai dari kekeringan yang berakibat timbulnya penyakit diare, titus, disentri dan kolera. Suhu panas juga menyebabkan kepanasan dan mengakibatkan manusia bisa mengalami dehidrasi, heatstroke (sengatan panas) dan iritasi kulit.

Terakhir, suhu panas ini juga bisa menyebabkan kebakaran hutan dan lahan yang tentunya akan berakibat pada manusia dapat terkena penyakit ISPA, penyakit paru dan iritasi pernafasan. Untuk pencegahannya yaitu dengan mendistribusikan air bersih, banyak minum air putih, hindari paparan langsung matahari atau bisa juga dengan menggunakan pelindung. Terakhir pakailah masker di daerah yang terdampak kebakaran hutan dan lahan.*

 

Baca pula : Akibat Kebakaran Hutan Indonesia Darurat Kabut Asap

 


Berita Terkait