Akibat Rem Blong, Truk Muatan di Garut Nyaris Terjun Ke Jurang

Rabu, 30 Oktober 2019 15:33 Dedi Sofwan Daerah

Akibat Rem Blong, Truk Muatan di Garut Nyaris Terjun Ke Jurang

 

Koropak.co.id - Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Garut AKP Rizky Adi Saputro, SH.,S.IK menjelaskan kronologi kecelakaan truk muatan yang terlibat kecelakaan tunggal Jalan Raya Cisandaan Tagogan tepatnya di Kampung Pamulihan Desa Pananjung Kecamatan Pamulihan, Garut, Jawa Barat, Selasa (29/10/2019).

"Kendaraan truk yang dikemudikan Rijal Permana, datang dari arah Cikajang dan akan menuju ke arah Pakenjeng dengan membawa beban berupa bahan material semen dan besi. Ketika melintasi jalan lurus menurun atau Tanjakan Panganten, diduga rem truk tidak berfungsi dengan baik sehingga hilang kendali kemudian kendaraan terperosok ke tumpukan bebatuan," kata Rizky saat dikofirmasi Koropak, rabu (30/10/2019).

Dalam kejadian itu, pengemudi bersama kernetnya hanya mengalami luka lecet, nyawanya terselamatkan dikarenakan laju truck beban tertahan oleh kawat bronjong yang dipasang oleh jajaran Satlantas Polres Garut bersama Polsek Pamulihan.

Beruntung, kata Rizky, karena ada kawat bronjong yang dibangun Satlantas Polres Garut, kendaraan truk tersebut tidak sempat masuk ke jurang dikarenakan tertahan oleh kawat bronjong. Pengemudi dan kernet truk dengan nomor polisi Z.8353.WS tersebut hanya mengalami luka lecet. Selanjutnya korban dibawa ke Puskesmas Pamulihan untuk dilakukan tindakan medis.

 

Koropak.co.id - Akibat Rem Blong, Truk Muatan di Garut Nyaris Terjun Ke Jurang (2)

 

Baca : Tragis, Satu Keluarga di Ciamis Tewas Terlindas Truk

Sementara itu, pengemudi truk yang merupakan warga Kampung Sindangwangi RT 01/RW 09 Desa Sukamaju Kecamatan Cilawu Garut, Rijal Permana dan kernet yang merupakan warga Kampung Babakan RT 05 RW 06 Kelurahan Sukamantri Kecamatan Garut kota, Garut, Ridwan Gunawan mengaku bersyukur, dirinya bersama kernet selamat dari kecelakaan yang menimpanya.

"Dengan adanya pembangunan kawat bronjong, ternyata sangat bermanfaat bagi pengguna jalan. Apalagi di lokasi seperti Tanjakan Panganten yang memang terkenal dengan jalur tanjakannya yang terjal dan turunannya yang sangat curam," ucapnya.*

 

Baca pula : Mobil Hantam Motor di Tasikmalaya, Pengendara Tewas

 


Berita Terkait