Penuhi Panggilan Menteri PPN, Walikota Usulkan 4 Rencana Strategis Pembangunan

Rabu, 30 Oktober 2019 21:26 Clara Aditia Daerah

Penuhi Panggilan Menteri PPN, Walikota Usulkan 4 Rencana Strategis Pembangunan

 

Koropak.co.id - Walikota Tasikmalaya, Drs. H. Budi Budiman didampingi Sekretaris Daerah Kota Tasimalaya Drs. H. Ivan Dicksan dan Kepala Bapelitbangda Kota Tasikmalaya Dindin Saefudin Ahmad menghadap Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/ Kepala BAPPENAS Ir. Suharso Monoarfa di Kantor Menteri PPN/BAPPENAS, Rabu (30/10/2019).

Tercatat dalam pertemuan tersebut, Walikota Tasikmalaya menyampaikan 4 usulan untuk pengembangan Kota Tasikmalaya.

"Kami mengusulkan dukungan pembangunan sumber air bersih untuk ke depan membentuk PDAM, karena sampai hari ini, baru 38 persen masyarakat Kota Tasikmalaya yang terlayani air bersih pipanisasi," ucap Walikota kepada Koropak.

Berdasarkan kajian konsultan, kata Walikota, potensi pemanfaatan Sungai Ciwulan sangat dimungkinkan untuk dikelola menjadi sumber air untuk pembentukan PDAM.

"Usulan selanjutnya yakni dukungan untuk pembangunan Jembatan Ciloseh di Jalan Lingkar Utara dengan panjang 170 meter, karena kepentingan Jalan Lingkar utara akan menjadi solusi beban transportasi secara nasional. Terlebih jika tol sudah masuk Kota Tasikmalaya," tutur Walikota.

 

Koropak.co.id - Penuhi Panggilan Menteri PPN, Walikota Usulkan 4 Rencana Strategis Pembangunan (2)

 

 

Lihat : Inilah Serangkaian Capaian Kota Tasikmalaya di Hari Jadi ke-18

 

Walikota juga mengusulkan exit tol tambahan yang ada di wilayah Tamasari menuju Universitas Negeri Siliwangi (Unsil) karena kawasan 30 Hektare Unsil akan dimudahkan aksesibilitasnya.

"Usulan terakhir kami perihal pngembangan Bandara Wiriadinata. Kami mengusulkan perpanjangan lagi Runway atau landasan pacu pesawat yang sekarang panjangnya 1.600 meter menjadi 2.500 meter agar dapat digunakan pesawat besar," katanya.

Atas usulan tersebut, Menteri PPN/ Kepala BAPPENAS Ir. Suharso Monoarfa merespons, dan menyatakan akan menyampaikan usulan tersebut kepada Kementrian terkait.

"Untuk pembangunan PDAM, saya mengarahkan untuk masuk Program Kerjasama Pembangunan dan Badan Usaha atau KPBU. Adapun usulan exit tol tambahan, akan saya sampaikan ke Badan Pengelola Jalan Tol atau BPJT yang ada di bawah Kementrian PUPR. Demikian halnya dengan pembangunan Jembatan Ciloseh Lingkar Utara," katanya.

Suharso menambahkan perihal usulan pengembangan Bandara Wiriadinata, pihaknya akan menyampaikan usulan tersebut ke Kementrian Perhubungan.

"Terimakasih dan apresiasi atas kehadiran Walikota di sini. Saya sangat mengapresiasi usulan-usulan tersebut sebagai inovasi seorang kepala daerah dalam upaya percepatan pembangunan di Kota Tasikmalaya," kata Suharso.*

 

Lihat : Pencapaian Sarat Makna di Usia 18 Kota Tasikmalaya