Terhadap Saran dan Pandangan Kyai NU, PKB Tasikmalaya Tetap Patsun

Jum'at, 01 November 2019 22:51 D. Farhan Kamil Pilkada

Terhadap Saran dan Pandangan Kyai NU, PKB Tasikmalaya Tetap Patsun


Koropak.co.id - Jelang pelaksanaan Pilkada tahun 2020 , DPC PKB Kabupaten Tasikmalaya gencar melakukan pendekatan dan menjalin komunikasi ke beberapa partai politik (parpol) yang memiliki keterwakilan di parlemen Kabupaten Tasikmalaya, untuk menjajaki kemungkinan terwujudnya sebuah bangunan koalisi.

"Kita realistis, PKB Kabupaten Tasikmalaya tidak memenuhi jumlah 20 persen keterwakilan di parlemen. Maka secara informal, kita terus melangkah membangun komunikasi politik dengan sejumlah Parpol lain. Kita wajib menjajagi koalisi," kata Ketua DPC PKB Kabupaten Tasikmalaya, H. Haris Sanjaya kepada Koropak, seusai menggelar istighosah dan santunan anak yatim piatu di aula kantor DPC PKB, Jalan Raya Timur, Cintaraja, Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat (1/11/2019).

Untuk mekanisme formal penjaringan bakal calon (balon) bupati maupun wakil bupati di internal DPC PKB termasuk koalisi, pihaknya masih menunggu petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis DPP PKB.

Tetapi, sekalipun ada mekanisme formal partai yang harus ditempuh, dalam hal penjaringan figur kandidat bupati dan wakil bupati, DPC PKB tetap harus mengantongi restu PCNU Kabupaten Tasikmalaya.

"Kita di sini tidak cukup mengandalkan penilaian mekanisme formal, sepiritnya adalah setiap figur yang akan diusung akan kita konsultasikan dan meminta arahan serta pendapat dari para kyai atau ulama di PC NU. Inilah pegangan sikap politik PKB di Tasikmalaya," ujarnya.

Menurutnya, setiap kader PKB harus siap maju jika sudah ditugaskan partai. Maka siapapun wajib mengamankan keputusan partai.

"Endingnya kita akan mengamankan apapun keputusan dan rekomendasi DPP terkait koalisi dan kandidat calon yang diusung," tuturnya.

Haris menambahkan, yang pasti PKB Kabupaten Tasikmalaya harus memenangkan momen politik terbaik dalam Pilkada 2020 nanti.

 

Koropak.co.id - Terhadap Saran dan Pandangan Kyai NU, PKB Tasikmalaya Tetap Patsun

 

Sementara itu Wakil Ketua DPC PKB Kabupaten Tasikmalaya, Usman Kusmana menyebutkan, bahwa kemenangan Pilkada 2020 nanti, harus menjadi kemenangan Nahdliyin dan masyarakat Kabupaten Tasikmalaya pada umumnya.

"PKB harus menempatkan kader terbaiknya 'nu teu ngerakeun' secara kualitas, kapasitas, kekuatan kader dan ideologinya, ditambah pengalaman mengurus dan berjuang membesarkan partai," kata Usman.

Ia menyebut ada tiga nama kader PKB yang layak diusung. Yang pertama KH. Acep Adang sebagai Ketua Dewan Syuro. Kemudian yang kedua adalah H Haris Sanjaya sebagai Ketua Tanfidz DPC PKB Kabupaten Tasikmalaya dan terakhir adalah H. Oleh Soleh sebagai Ketua Fraksi PKB DPRD Provinsi Jawa Barat.

Ketua PC NU Kabupaten Tasikmalaya KH. Drs. Atam Rustam mengatakan, kandidat yang diusung nanti harus betul-betul calon pemimpin daerah Kabupaten Tasikmalaya yang jujur dan memiliki keinginan untuk perubahan lebih baik di Kabupaten Tasikmalaya.

"Kita butuh sosok pemimpin ke depan yang memiliki giroh serta fikroh dalam berbagai kemajuan termasuk ukhuwah dan kesejahteraan rakyat," ucapnya.*

 

Baca pula : Jumat Berkah, PKB Tasikmalaya Berikan Kadeudeuh