Tuntas Madatukar, Poltekpel Banten Siap Cetak SDM Kepelautan Prima

Sabtu, 02 November 2019 10:12 Dede Hadiyana Nasional

Tuntas Madatukar, Poltekpel Banten Siap Cetak SDM Kepelautan Prima


Koropak.co.id - Pelaksanaan Inagurasi di Kampus Politektik Pelayaran Banten merupakan suatu kegiatan pengukuhan atau pelantikan dari Calon Taruna menjadi Tunas Taruna pada Program Diklat Pelaut III (DP-III) dan Diklat Pelaut IV (DP-IV) baik jurusan Nautika maupun Teknika tahun akademik 2019.

Demikian disampaikan Direktur Politeknik Pelayaran Banten Joni Turiska, ST., M.Si., M. Mar.E., selepas acara Inagurasi yang berlangsung di Gedung Auditorium kampus Politeknik Pelayaran Banten, Jumat (25/10/2019).

"Alhamdulillah, hari ini kita telah melaksanakan Inagurasi yang merupakan pernyataan bahwa mereka layak dan pantas untuk menjadi Taruna di Poltekpel Banten. Selama ini mereka telah melakukan Masa Dasar Pembentukan Karakter atau Madatukar yang merupakan suatu proses yang harus mereka lalui," ujarnya.

Pada Diklat Madatukar tersebut, ucap Joni, terdapat pembinaan disiplin yang terdiri Atas pembinaan fisik, pembinaan mental dan moral, serta pembinaan rohani. Dengan modal dasar itu diharapkan bisa melanjutkan pendidikan berikutnya.

 

Koropak.co.id - Tuntas Madatukar, Poltekpel Banten Siap Cetak SDM Kepelautan Prima (2)

 

Baca : Calon Taruna Poltekpel Banten Ikuti Diklat Madatukar

"Harapan ke depan, para akademik bisa melanjutkan pendidikan di Poltekpel Banten ke tahap selanjutnya sehingga bisa menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) kepelautan yang prima," katanya.

Ditambahkan Joni, para Taruna diarahkan agar tidak hanya menguasai kompetensinya saja, baik itu berupa pengetahuan maupun skill atau keterampilan tentang ilmu pelayaran. Akan tetapi, harus memiliki juga etika, mental, dan moral yang baik juga fisik yang prima.

"Itulah yang diharapkan oleh Kementerian Perhubungan, dikarenakan nanti pada saat mereka melaksanakan tugas, bukan hanya bangsa sendiri yang akan mereka hadapi, tapi juga dengan bangsa asing," ucapnya.*

 

Baca pula : Cakap Jadi Tunas Taruna, Politeknik Pelayaran Banten Gelar Inagurasi