Rumah Panggung di Tasikmalaya Ludes Terbakar Hingga Rata

Minggu, 03 November 2019 18:46 Dede Hadiyana Daerah

Rumah Panggung di Tasikmalaya Ludes Terbakar Hingga Rata


Koropak.co.id - Sebuah rumah panggung di Kampung Cikalukur RT 07/ RT 01 Desa Sukarasa Kecamatan Salawu Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, ludes terbakar, Sabtu (2/11/2019).

Kebakaran yang menghanguskan rumah panggung dengan luas 9x6 meter persei yang diketahui milik Ombah (54) tersebut terjadi sekitar pukul 01.00 WIB dini hari, diduga akibat dari korsleting listrik.

Ketua RT setempat Jaedin (65), mengatakan, api pertama diketahui berasal dari colokan listrik yang menempel di dinding kayu rumah korban dan dengan cepat api merembet ke dinding bagian lainnya yang terbuat dari anyaman bambu atau bilik.

"Menurut keterangan pemilik rumah, api muncul dari colokan listrik dan cepat menyambar ke bilik bambu. Kemudian, api menyambar ke selang gas LPG yang tepat berada di bawahnya sehingga api cepat membesar dari semburan gas LPG," ujarnya.

 

Baca : Lagi, Kebakaran Hanguskan Dua Rumah di Tasikmalaya

 

Semburan api dari selang gas LPG disertai tiupan angin yang cukup kencang, membuat warga cukup kesulitan memadamkan api yang semakin membesar.

"Tiupan angin cukup kencang, warga berupaya keras memadamkan api dengan alat seadanya agar tidak merembet ke rumah lainnya," katanya.

Akibatnya, seluruh bangunan rumah yang didominasi berbahan kayu dan bambu tersebut ludes hingga rata dengan tanah. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam musibah kebakaran tersebut, namun kerugian yang dialami korban ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.*

 

Baca pula : Dalam 1 Hari, Kebakaran Hanguskan Lahan di 3 Kecamatan di Tasikmalaya