Pembalap MotoGP Dunia Ucapkan Duka Bagi Afridza Munandar

Senin, 04 November 2019 18:58 Bagus Mardian Nasional

Pembalap MotoGP Dunia Ucapkan Duka Bagi Afridza Munandar


Koropak.co.id - Pembalap asal Kota Tasikmlaya, Jawa Barat, Indonesia, Afridza Syach Munandar yang berlaga pada ajang Asia Talent Cup 2019, mengalami kecelakaan yang merenggut nyawanya saat melakoni balapan yang berlangsung di Sirkuit Sepang, Malaysia, Sabtu (2/11/2019).

Rider berusia 20 tahun mengalami kecelakaan yang cukup parah pada sesi Race 1 di tikungan ke-10, persis tempat insiden yang menewaskan pembalap MotoGP Marco Simoncelli delapan tahun silam.

Dalam balapan seri terakhir itu, Afridza cukup berpeluang untuk menjadi juara Asia, namun naas, hilangnya kendali atas laju motornya tepat di tikungan 10, Afridza bersenggolan dengan Takuma Matsuyama.

Posisi Afridza yang berada di tengah lintasan menyulitkannya untuk terhindar dari tabrakan. Pembalap Jepang Shinji Ogo yang berada di belakangnya tak bisa menghindari tabrakan dengan Afridza.

Seketika para Marshall langsung mengibarkan Red Flag dan memutuskan untuk menghentikan balapan yang akan berlangsung 13 putaran tersebut.

Pertolongan pertama langsung diberikan oleh tim medis kepada Afridza sebelum akhirnya di larikan ke rumah sakit Kuala Lumpur, Malaysia untuk dilakukan perawatan lebih intensif. Terlepas dari upaya terbaik para tim medis dan orang-orang di rumah sakit, rider kelahiran Kota Tasikmalaya Jawa Barat, 13 Agustus 1999 itu menghembuskan nafas terakhirnya.

 

Koropak.co.id - Pembalap MotoGP Dunia Ucapkan Duka Bagi  Afridza Munandar (2)

 

Baca : Kecelakaan Brno Saat Tes MotoGP, Joan Mir Dilarikan Ke Rumah Sakit

 

Atas wafatnya Afridza Munandar, dunia MotoGP pun berduka. Bahkan rider MotoGP kelas dunia ramai-ramai memposting ucapan turut berduka, mulai dari Marc Marquez, Fabio Quartararo, Carl Crutchlow, Maverick Vinales, termasuk akun resmi MotoGP. Demikian halnya dengan adik Marck Marquez, yakni Alex Marquez yang memposting "Rest in peace! We will race for you tomorrow".

Bahkan, jelang balapan MotoGP Malaysia 2019, seluruh pebalap termasuk Valentino Rossi turut mengheningkan cipta untuk Afridza. Pihak penyelenggara balapan memang sudah memastikan akan ada one minute silence jelang balapan kedua Asia Talent Cup seri Malaysia yang berlangsung Minggu (3/11/2019).

Di starting grid Sirkuit Sepang, para pebalap dari kelas Moto3, Moto2, dan MotoGP, serta ofisial ATC rapi berbaris untuk melakukan penghormatan terakhir bagi Afridza.*

 

Baca pula : Finish Posisi 7, Rider Indonesia Berjaya di World SSP 300 Qatar

 


Berita Terkait