Perda Dibentuk Untuk Optimalisasi Kinerja Pemerintahan Kota Tasikmalaya

Selasa, 05 November 2019 14:36 Eris Kuswara Parlemen

Perda Dibentuk Untuk Optimalisasi Kinerja Pemerintahan Kota Tasikmalaya

 

Koropak.co.id - Walikota Tasikmalaya, Drs. H. Budi Budiman menanggapi pandangan umum fraksi terhadap 3 usulan Raperda Kota Tasikmalaya, yakni Raperda tentang Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Tahun Anggaran 2020, Raperda tentang Sistem Organisasi dan Tata Kerja (SOTK), serta Raperda tentang Dana Cadangan untuk persiapan Pekan Olahraga Daerah (Porda) dan Pilkada Tahun 2024.

Dalam rapat paripurna yang digelar di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Tasikmalaya, Senin (4/11/2019), Walikota mengapresiasi masukan dari fraksi. Menurutnya, pandangan umum fraksi menjadi penyempurna Raperda yang diusulkan.

Walikota juga menuturkan usulan Raperda Kota Tasikmalaya bertujuan untuk mengoptimalkan pelaksanaan penyelenggaraan pemerintahan.

Dijumpai Koropak selepas Rapat Paripurna, Walikota Tasikmalaya, Drs. H. Budi Budiman menuturkan khusus untuk Raperda tentang Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Tahun Anggaran 2020, menjadi dasar untuk kebijakan APBD dikarenakan harus ada persetujuan bersama baik dari Pemerintah Kota Tasikmalaya maupun DPRD Kota Tasikmalaya.

"Sementara tujuan dibentuknya Raperda Dana Cadangan adalah untuk menganggarkan dana persiapan Porda dikarenakan Kota Tasikmalaya ditunjuk sebagai tuan rumah dalam Porda tingkat provinsi dan tidak mungkin jika anggaran tersebut dianggarkan secara sekaligus dalam satu tahun anggaran," katanya.

 

Koropak.co.id - Perda Dibentuk Untuk Optimalisasi Kinerja Pemerintahan Kota Tasikmalaya (2)

 

Baca : Walikota Tasikmalaya Sampaikan 3 Raperda Strategis


Hal senada dituturkan Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya, H Ivan Dicksan. Menurutnya, setelah Raperda Kota Tasikmalaya ini disampaikan pemerintah daerah, kemudian ditanggapi dengan pandangan fraksi, dan dijawab kembali berupa tanggapan Walikota, Raperda menjadi matang dan tinggal menunggu untuk tahapan diparipurnakan.

"Kami berharap ke depan kemitraan yang sudah sinergis dan harmonis ini bisa terus kita tingkatkan sehingga antara pemerintah daerah dan DPRD bisa benar-benar berkolaborasi, bersinergi dalam memperjuangkan kepentingan masyarakat Kota Tasikmalaya," tutur Ivan.*

 

Baca pula : Iklim Investasi di Kota Tasikmalaya Sangat Minim


Berita Terkait