Polisi Ringkus Dua Pelaku Curanmor di Tasikmalaya

Selasa, 05 November 2019 17:15 Roki Sabirin Daerah

Polisi Ringkus Dua Pelaku Curanmor di Tasikmalaya


Koropak.co.id - Hanya butuh waktu tidak kurang dari sepekan pasca mendapat laporan dari pihak korban, Satreskrim Polres Tasikmalaya beserta jajarannya berhasil meringkus dua orang pelaku spesialis pencuri kendaraan roda dua dan pembuat kunci leter T di wilayah hukum Polres Tasikmalaya, Selasa (5/11/2019).

Kedua pelaku diketahui bernama Agus (39) warga Kampung Ciburial Desa Mandalajaya Kecamatan Cikalong Kabupaten Tasikmalaya dan Kujang alias Rizal (24) warga Kampung Cipondoh Desa dan Kecamatan Cikalong Kabupaten Tasikmalaya.

Penangkapan kedua pelaku berawal setelah salah seorang warga Kampung Cijulangadeug Desa Mandalajaya Kecamatan Cikalong melaporkan kehilangan motor Honda Supra Fit tahun 2007 yang terparkir di halaman belakang rumah korban, sesaat setelah Adzan Isya berkumandang pada akhir Oktober 2019 lalu.

"Kami langsung bergerak. Dengan mengantongi petunjuk awal, kita berhasil menangkap Agus yang berprofesi sebagai buruh tani," kata Kapolres Tasikmalaya AKBP Dony Eka Putra S.IK kepada Koropak, Selasa (5/11/2019).

Dari pelaku Agus ini, ucap Dony, petugas berhasil mengamankan satu unit kendaraan dan kunci palsu atau astag dan kunci pas ukuran 8 inch.

"Dari pengakuan pelaku, kunci palsu yang digunakan saat menjalankan aksi pencurian motor itu, didapatkan dari Rizal. Dengan kunci tersebut, pelaku hanya butuh 15 detik untuk menjebol kunci motor," katanya.

 

Koropak.co.id - Polisi Ringkus Dua Pelaku Curanmor di Tasikmalaya (2)

 

Baca : Polisi Temukan Kasus Curanmor dan Pemalsuan STNK

Berdasarkan pengakuan tersebut, kata Dony, kepolisian lansung bergerak dan menangkap Rizal yang selama ini berprofesi sebagai pegawai bengkel kendaraan di wilayah Cikalong. Rizal berhasil ditangkap di wilayah Ciamis.

Ditambahkan Dony, atas dasar pengakuan Agus, hingga saat ini petugas sedang menelusuri beberapa unit kendaraan roda dua hasil kejahatan yang dilakukannya di wilayah Garut, yang sebagian besarnya sudah berhasil diamankan.

Sementara dari tangan Rizal, petugas berhasil mengamankan kunci pas hasil produksi sendiri dan dua unit motor. Satu unit motor hasil kejahatan dan satu unit lagi kendaraan milik pelaku yang kerap digunakan dalam beraksi.

"Kita juga mencatat ada satu unit motor merek Yamaha Mio warna hitam hasil kejahatan di perbatasan Kota Cimahi pada Oktober 2019 lalu. Kita masih menelusurinya," ucapnya.

Sementara itu, Kasatreskrim Polres Tasikmalaya AKP Siswo De Cuellar Tarigan menuturkan pihaknya sudah mengantongi beberapa nama yang diduga terlibat dalam kejahatan bersama kedua pelaku, yang saat ini sedang didalami.

"Kita juga sedang memburu satu orang warga Cikalong yang diduga berperan sebagai penadah hasil kejahatan Agus dan Kujang," tutur Siswo.

Kedua pelaku dijerat dengan pasal 363 ayat 1 KUHPidana, dengan ancaman 7 tahun penjara.

Dari mulut Kujang, ia mengaku menjual hasil kejahatannya ke salah seorang penadah dengan harga Rp 2 juta. "Uangnya saya gunakan untuk makan-makan bersama teman-teman," ucap Kujang.*

 

Baca pula : Remaja Tanggung di Tasikmalaya Diciduk Polisi