Miris, Kepesertaan BPJS Di Kabupaten Tasikmalaya Paling Rendah Di Jabar

Selasa, 05 November 2019 22:38 D. Farhan Kamil Daerah

Miris, Kepesertaan BPJS Di Kabupaten Tasikmalaya Paling Rendah Di Jabar

 

Koropak.co.id - Dari 27 kota dan kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Kabupaten Tasikmalaya berada di posisi paling rendah tingkat kepesertaan BPJS yang hanya di angka 60 persen dari total penduduk Kabupaten Tasikmalaya yang berjumlah sekitar 1,7 juta jiwa.

Rendahnya jumlah penduduk Kabupaten Tasikmalaya yang tercatat sebagai peserta BPJS, salah satunya dipengaruhi oleh lemahnya kesadaran masyarakat terhadap manfaat BPJS yang sengaja digulirkan Pemerintah untuk meningkatkan tarap hidup masyarakat terutama masyarakat tidak mampu, dari segi kesehatan.

"Ini menjadi tantangan kami, untuk terus berupaya menyadarkan masyarakat tentang pentingnya ikut dalam kepesertaan BPJS," kata Kepala BPJS Kabupaten Tasikmalaya Erdiansyah, Selasa (5/11/2019).



Baca : Pembayaran BPJS Mandiri di Garut 70 Persen Menunggak

 

Selain persoalan rendahnya kepesertaan, besarnya jumlah tunggakan masyarakat terhadap tagihan BPJS menjadi permasalahan besar bagi pihak BPJS di Kabupaten Tasikmalaya .

"Jumlah tunggakan peserta BPJS atas kewajiban yang harus dibayar setiap bulannya mencapai Rp 28 milyar. Saat ini banyak maayarakat (peserta BPJS) yang tidak melakukan iuran setiap bulan karena berbagai alasan. Sedangkan sebagian besar dari mereka rata-rata telah menikmati manfaat BPJS jauh lebih besar daripada nilai yang telah mereka bayarkan ke BPJS," tuturnya.

Lebih rinci, tunggakan tersebut antara lain untuk kelas 1 sebesar Rp 12 milyar, kelas 2 Rp 13 miyar dan kelas 3 sebesar Rp 3 milyar.

"Kita menghimbau kepada seluruh peserta BPJS untuk tetap membayar iuran setiap bulan. Jika tidak maka secara otomatis kepesertaannya akan dinonaktifkan. Selama dalam status non aktif, BPJS tidak dapat digunakan dan selama itu pula tunggakan tetap muncul," ujarnya.*

 

Baca : BPJS Naik 100 Persen, Walikota Harapkan Evaluasi Nasional

Baca : Dewan Menilai Tarif BPJS Naik Akan Beratkan Peserta


Berita Terkait