Pemkab Tasikmalaya Tolak Terima Titipan Kunci Mobdes

Kamis, 07 November 2019 22:11 D. Farhan Kamil Daerah

Pemkab Tasikmalaya Tolak Terima Titipan Kunci Mobdes

 

Koropak.co.id - Sedikitnya 150 mobil operasional desa (mobdes) terparkir dan memadati halaman depan Setda Kabupaten Tasikmalaya, Kamis (7/11/2019) sekitar jam 15.00 WIB.

Sebelum meninggalkan kendaraan yang telah terparkir, secara bergiliran para kades menyerahkan kunci mobdes ke Seksi Lembaga Bantuan Hukum (LBH) APDESI Kabupaten Tasikmalaya sakaligus Kepala Desa Cintaraja, Agus Muslim.

Ketua APDESI Kabupaten Tasikmalaya, Panji Permana mengatakan, aksi pemarkiran mobdes di halaman Setda ini, sebagai bentuk solidaritas para kades terhadap kasus yang menjerat Kades Cipakat, Ade Gani yang saat ini sedang menjalani penahanan di Kebonwaru Bandung menjelang proses persidangan Pengadilan Tipikor.

Kenapa ini dilakukan? kata Panji, minimal menjadi energi positif dan dorongan kepada pihak aparat penegak hukum (APH) melakukan peninjauan kembali terhadap kasus dugaan penyalahgunaan wewenang yang dilakukan Ade Gani sehingga dianggap menimbulkan kerugian negara.

"Kita yang awam hukum merasa ada yang tidak beres dengan kasus yang menjerat Ade Gani. Bagaimana bisa dikatakan merugikan negara, toh Dana Desa yang ia gunakan untuk bayar PBB sudah dikembalikan dan dialokasikan ke kegiatan fisik sebagaimana rencana. Bukti fisiknya kan ada. Laporan pertangungjawabannya juga sudah selesai. Tetapi Ade Gani tetap disikat," ujar Panji.

 

 

Koropak.co.id - Pemkab Tasikmalaya Tolak Terima Titipan Kunci Mobdes

 

Baca : Ribuan Perangkat Desa Duduki Gedung DPRD Kabupaten Tasikmalaya

 

Di samping itu juga, hasil investigasi inspektorat terhadap kasus Desa Cipakat, faktanya tidak ada rekomendasi apapun. Tidak ada laporan kerugian negara. "Kita akan terus menuntut kejelasan atas kasus ini. Manusiawikah memenjarakan orang tanpa kesalahan yang jelas dan terang benderang?" kata Panji.

Ditambahkan Panji, para kades sudah berkomitmen agar kasus Ade Gani ditinjau kembali dan dievaluasi sehingga tidak muncul kesan bahwa Ade Gani dipenjarakan karena dasar adanya laporan kebencian.

"Aksi parkir kendaraan ini belum bisa ditentukan sampai kapan, sebelum ada kejelasan soal kasus Ade Gani," kata Panji.

Selain soal Ade Gani, aksi parkir mobdes itu juga untuk mendorong pihak Pemkab Tasikmalaya segera mengembalikan asuransi kendaraan yang hilang, ke Desa Cipanas dan Desa Cipatujah Kecamatan Cipatujah.

"Pihak asuransi kan sudah membayar ke kas daerah. Lalu kenapa pemerintah tidak mengembalikan ke kas desa untuk digunakan kembali membeli unit kendaraan," ucap Panji

Ditemui terpisah, Penjabat Sekda Kabupaten Tasikmalaya, H. Iin Aminudin mengatakan, apa yang dilakukan oleh sejumlah kades merupakan bentuk solidaritas terhadap rekan seprofesi yang patut diapresiasi.

Adapun soal mobdes yang terparkir di halaman Setda, ia menegaskan, pemerintah tidak melarang apalagi menyuruh. "Kita tidak ada serah terima kunci mobdes dari kades ke pemerintah, yang ada hanya numpang parkir. Segala risiko ya tanggung jawab para kades," tutur Iin.

 

 

Koropak.co.id - Pemkab Tasikmalaya Tolak Terima Titipan Kunci Mobdes

 

Baca pula : Kasus Korupsi Desa Cipakat Terungkap Polres Tasikmalaya

 

Disingggung soal kasus Kades Cipakat. Ia menegaskan bahwa Pemerintah akan tetap menghormati proses hukum. "Biarkan proses berjalan dan harus kita hormati bersama. Soal terbukti atau tidak, itu ranah pengadilan nanti, yang jelas pemerintah memiliki koridor-koridor tertentu yang harus dijalankan ketika para kades meminta pemerintah melakukan pendampingan hukum terhadap kades yang berperkara. Dalam kasus Ade Gani sudah ada tim advokatnya dari Apdesi. Kita tidak menunjuk pengacara," ujarnya.

Berkaitan soal asuransi kendaraan yang hilang, Iin mengakui sudah masuk kas daerah. Dan pemerintah akan membelikan kendaaran dinas desa pengganti pada tahun 2020.

"Kendaraan desa itu kan milik Pemkab Tasikmalaya, maka kita juga yang akan belanja kendaraan untuk mengganti kendaraan yang hilang," ucapnya.

Disebutkan, pemerintah akan membeli kendaraan untuk 3 desa di tahun 2020. Antara lain untuk Desa Cipanas dan Cipatujah Kecamatan Cipatujah serta Desa Tanjung Kerta Kecamatan Pageurageung. "Baru-baru ini, Pemkab Tasikmalaya juga sudah mengganti mobdes untuk Desa Tanjung Kerta Kecamatan Pageurageung," kata Iin.*

 

Baca pula : APDESI Pertanyakan Kemana Larinya Dana Asuransi Kendaraan

 

 


Berita Terkait