BPBD Kota Tasikmalaya Edukasi Kebencanaan Bagi Siswa

Jum'at, 08 November 2019 16:14 Eris Kuswara Daerah

BPBD Kota Tasikmalaya Edukasi Kebencanaan Bagi Siswa



Koropak.co.id - Menyambut Hari Anak Internasional 2019 sekaligus meningkatkan kesadaran anak agar lebih peduli lagi terhadap lingkungan dan alam sekitar, SDN Galunggung Tasikmalaya menggelar kegiatan mengenal lingkungan sekitar yang dilaksanakan di Padepokan Kampung Salapan Curug Cikaraha Kelurahan Urug Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya Jawa Barat, Kamis (7/11/2019).

Kegiatan tersebut turut diisi dengan paparan materi mengenai kebencanaan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya.

Dijumpai Koropak selepas kegiatan, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tasikmalaya, Ucu Anwar bersyukur satuan pendidikan tingkat Sekolah Dasar bisa mengenalkan siswanya dengan alam terbuka.

"Materi tentang kebencanaan ini sangat penting bagi anak, karena bagi kami, siswa adalah agent of change dan mereka bisa menularkan kebaikan tentang alam kepada masyarakat sekitar, tetangga dan orangtuanya," kata Ucu.

 

 

Koropak.co.id - BPBD Kota Tasikmalaya Edukasi Kebencanaan Bagi Siswa

 

Baca : Optimalkan Edukasi Anak Melalui Pengenalan Alam Terbuka

 

Ditambahkan Ucu, BPBD Kota Tasikmalaya menyampaikan materi kebencanaan yang ada di lingkungan sendiri yang mungkin saja bisa terjadi dalam musim penghujan. Dalam musim penghujan, masyarakat akan menghadapi 4 potensi bencana alam mulai dari bencana banjir, tanah longsor, puting beliung, pohon tumbang hingga bencana petir.

"Tentunya sangat penting sekali bagi anak untuk mengetahui kebencanaan sejak dini karena mereka bisa menjadi guide atau penunjuk dan pengarah evakuasi di rumahnya. Sehingga ketika anak sudah bisa mengarahkan evakuasi, maka secara otomatis anak tersebut juga sudah bisa memberdayakan dirinya sendiri," ujarnya.

Ucu berharap seluruh satuan pendidikan mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Taman Kanak-Kanak (TK), SD, SMP, SMA, hingga Perguruan Tinggi bisa dekat dengan alam.

"Jika kita bisa menjaga alam, pasti alam juga akan menjaga kita," ucapnya.*

 

Baca pula : Padepokan Kampung Salapan Ajak Siswa Sekolah Dasar Belajar di Alam Terbuka