PCNU Dukung Kejari Kabupaten Tasikmalaya Tegakkan Hukum

Selasa, 12 November 2019 07:59 D. Farhan Kamil Daerah

PCNU Dukung Kejari Kabupaten Tasikmalaya Tegakkan Hukum

 

Koropak.co.id - Dalam hal komitmen dan sikap terhadap pencegahan dan pemberantasan tindak pidana korupsi (tipikor), Nahdlatul Ulama (NU) sebagai organisasi Islam terbesar di nusantara, sudah menempatkan diri dalam posisi sangat jelas dan tegas.

Keterlibatan NU dalam gerakan anti korupsi, dibuktikan melalui putusan-putusan batsul masaail maupun rekomendasi-rekomendasi yang dikeluarkan NU. Semua itu dibangun sebagai wujud keseriusan NU dalam pemberantasan korupsi.

Demikian hal itu diutarakan Ketua PCNU Kabupaten Tasikmalaya, KH. Atam Rustam dihadapan para kasi dan sejumlah jaksa dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Tasikmalaya di kantor PCNU Kabupaten Tasikmalaya, Jalan Raya Timur Singaparna, Badakpaeh Desa Cipakat, Senin (11/11/2019).

"Hari ini, kita mengundang pihak Kejari untuk menegaskan bahwa kita Pengurus PCNU Kabupaten Tasikmalaya hadir dan mendorong setiap upaya kejaksaan dalam menegakkan hukum terutama dalam hal pemberantasan korupsi," ujarnya.

Penegasan tersebut tambah KH. Atam, untuk menjawab adanya isu-isu tidak sedap yang beredar luas di tataran masyarakat, bahwa dalam upaya penegakkan hukum terutama kasus korupsi, pihak Kejari berada dibawah bayang-bayang tekanan kekuatan tertentu atau melakukan perlawanan terhadap salah satu kelompok yang tidak menginginkan tegaknya hukum di Kabupaten Tasikmalaya.

"Kami mendorong secara moral dan memotivasi pihak kajaksaan untuk menegakkan hukum dengan sebenar-benarnya dan selurus-lurusnya terutama dalam pemberantasan korupsi. Kami juga meminta agar tidak hanya menindak, kejaksaan juga harus lebih getol melakukan sosialisasi dan pembinaan kepada masyarakat dalam rangka antisipasi terjadinya pelanggaran hukum. Di samping itu juga guna membangun partisipasi masyarakat dalam supremasi hukum," tegas KH. Atam.

 

Koropak.co.id - PCNU Dukung Kejari Kabupaten Tasikmalaya Tegakkan Hukum (2)

 

Baca : Di Kejaksaan Ada Oknum, Kajari Tasikmalaya Siap Beraksi

Dalam pertemuan tersebut, juga dilakukan penyerahan dokumen tentang rekomendasi penegakan hukum PCNU Kabupaten Tasikmalaya, nomor 099/PC-A.ll/D.22/XI/2019, yang ditandatangani oleh Rois KH.A. Bunyamin R, M.SI, Katib Drs.H.Ade Yuyu Sopiyudin, M.SI, Ketua KH.
Drs. Atam Rustam, M.SI dan Sekretaris Drs.H. Abdul Wahid dengan ditembuskan ke Kejagung RI dan Kejati Jabar.

Menanggapi pernyatan sikap dan dukungan PCNU terhadap kejaksaan, Kepala Seksi Pidana Khusus ( Kasi Pidsus) Kejari Kabupaten Tasikmalaya, Yayat Hidayat, SH mengaku sangat mengapresiasi langkah Ketua PCNU beserta jajaran pengurusnya, mendukung upaya-upaya kejaksaan dalam rangka menegakan hukum dan keadilan.

"Kami menyambut baik dan akan terus berupaya semaksimal mungkin dalam rangka supremasi hukum di Kabupaten Tasikmalaya. Tidak hanya dalam hal penindakan, tetapi juga dalam upaya pencegahan melaui pembinaan-pembinaan hukum di masyarakat," ucapnya.*

 

Baca : Ratusan Aparatur Desa Se-kabupaten Tasikmalaya, Geruduk Kantor Kejaksaan